Follow Us

Mengenal iPhone Refurbished Apple yang Sebenarnya

Bagus Hernawan - Senin, 19 Januari 2015 | 19:29
Mengenal iPhone Refurbished Apple yang Sebenarnya

Setelah menulis artikel himbauan untuk menghindari iPhone rekondisi, banyak email yang masuk ke tim MakeMac. Mereka menanyakan jenis iPhone “rekondisi resmi dari Apple” yang juga dijual oleh beberapa toko di Indonesia. Apakah produk tersebut aman, apakah lebih baik dari produk iPhone rekondisi?

Hal tersebut akhirnya membuat tim MakeMac kembali melakukan riset dan bertanya kepada beberapa pengguna dan penjual iPhone. Berikut ini beberapa hal yang wajib kamu tahu tentang perangkat yang sering disebut “iPhone rekondisi resmi dari Apple”:

Deskripsi, Nama dan Kemasannya

Produk iPhone refurbished adalah perangkat bekas pakai dari pengguna yang ditarik oleh Apple. Bisa dari hasil klaim garansi atau cacat minor misalnya. Produk tersebut diperbaiki, dites ulang secara menyeluruh dan kembali dijual oleh Apple dengan harga lebih murah dan keterangan sebagai produk refurbished.

Apple Certified Refurbished Products are pre-owned Apple products that undergo Apple’s stringent refurbishment process prior to being offered for sale.

They are in 100% working condition, and are then sold as refurbished product.

Umumnya produk refurbished adalah 2 generasi sebelum yang terbaru sekarang beredar. Sebagai contoh untuk perangkat iPhone sudah sampai generasi iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, refurbished paling banyak beredar sekarang adalah iPhone 5. Saya sendiri belum menemukan iPhone 5s refurbished hingga sekarang.

Kemasan dari iPhone refurbished tentu saja dibuat berbeda dengan versi normal. Gambar di atas adalah box dari iPhone refurbished resmi Apple – ciri utamanya adalah menggunakan warna putih polos di bagian atas dan tulisan kecil di bagian tengah bawah yaitu Apple Certified Pre-Owned. Ketika dibuka, semua aksesoris dan kelengkapannya persis iPhone yang dijual normal – ada earpods, USB charger dan juga kabel data. Semuanya dalam kondisi baru dan original.


Baca Juga: Waspada, Sindikat iPhone Rekondisi Semakin Marak!


Apa Sih Kelebihannya?

Jika dibandingkan dengan perangkat dari sindikat iPhone rekondisi lokal, jelas iPhone refurbished menang di banyak hal. Berikut ini beberapa poin pentingnya:

1. Garansi 1 Tahun Internasional dari Apple

Ya, produk ini mendapatkan garansi 1 tahun secara internasional dari Apple dan aktif begitu kamu membukanya dari box, kemudian melakukan aktifasi perangkat. Narasumber MakeMac, Aziz Putra berbaik hati menunjukkan Serial Number produk iPhone refurbished yang dibelinya dan sudah kami cek di laman selfsolve.apple.com.

Editor : Bagus Hernawan

Latest