Follow Us

CERI: Tupai dan Ikan Gabus, App Cerita Rakyat Interaktif Asli Indonesia

Bagus Hernawan - Selasa, 20 Januari 2015 | 18:25
CERI: Tupai dan Ikan Gabus, App Cerita Rakyat Interaktif Asli Indonesia

Sering membacakan buku cerita untuk si kecil ketika akan tidur atau di sore hari sedang bersantai? Membawa buku yang tebal sudah bukan pilihan yang tepat lagi, mungkin kamu bisa beralih ke aplikasi edukasi pada perangkat iOS. Nah salah satunya adalah CERI, aplikasi buku cerita interaktif untuk iPad atau iPhone dari pengembang Indonesia. Seri barunya yang rilis di akhir pekan lalu adalah CERI: Tupai dan Ikan Gabus. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review untuk kamu.

Mengenal Aplikasi Edukasi CERI

Berasal dari grup pengembang Qajoo yang berfokus tentang aplikasi edukasi, CERI menyuguhkan cerita rakyat dari berbagai daerah di Indonesia. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, cukup memanfaatkan gesture satu atau dua tangan serta memaksimalkan fitur cerita berbasis audio.

Dari pengamatan MakeMac, pengembang Qajoo punya 6 jenis aplikasi edukasi CERI, masing-masing memiliki ciri khas cerita berbeda dan pastinya cocok untuk si kecil.

Mencoba CERI: Tupai dan Ikan Gabus

Seperti judulnya, di aplikasi ini kamu dan si kecil akan mendapatkan dongeng tentang Tupai dan Ikan Gabus – cerita rakyat dari Kalimantan Barat. Pada bagian awal ada cerita pembuka yang menjelaskan tentang persahabatan si Tupai dan Gabus yang sedang sakit.

Akhirnya si Tupai memutuskan untuk mencari rumput laut di Pulau Hiu untuk dijadikan obat bagi sahabatnya yaitu ikan Gabus. Nah disinilah permainan kamu dimulai, berpetualang bersama si Tupai. Mulai dari membelah pohon kelapa, berenang di lautan hingga menghindari kejaran hiu. Semuanya disajikan dengan grafis yang apik, penuh warna dan suara narasi yang cocok untuk si kecil.

Baca Juga:

  • 8 Game Anak untuk Mengisi Liburan di iPad, iPhone & iPod Touch

  • Review Duckie Deck Bird Houses: Mendesain Rumah Burung Bersama Anak

Akhir Kata

Tim MakeMac sudah mencoba CERI:Tupai dan Ikan Gabus pada perangkat iPad. Fitur menariknya adalah memutar bagian cerita favorit saja jika kamu sudah menyelesaikan semuanya dalam penggunaan awal. Hal ini sangat cocok untuk si kecil yang gampang bosan atau punya bagian favorit saja.

Beberapa kelebihan CERI menurut saya adalah ceritanya yang santai, antarmuka interaktif untuk melatih si kecil dan suara narasi yang cukup lambat sehingga mudah dipahami.

Editor : Bagus Hernawan

Latest