Follow Us

Review Templar Battleforce, Misi Penyelamatan Umat Manusia

Alexius Aditya - Jumat, 06 November 2015 | 14:37
Review Templar Battleforce, Misi Penyelamatan Umat Manusia

Saya merasa senang sekali ketika pada bulan Mei lalu mendengar kabar bahwa tim pengembang Trese Brothers akan mengeluarkan sebuah game baru. Adalah Templar Battleforce, yang dibuat sebagai sekuel dari game Templar Assault, yang hanya tersedia untuk Android saja. Templar Battleforce ini bukanlah game pertama Trese Brothers yang tersedia di app Store. Ada berbagai game lain, sebut saja Star Traders, Heroes Of Steel dan Star Traders 4x Empires yang sudah terlebih dahulu dirilis untuk iOS.

Tim pengembang bersaudara ini memang terkenal dengan caranya memikat pemain, yaitu dengan selalu memberikan konten baru, perbaikan bugs, dan berbagai perbaikan lain untuk membuat game tetap seimbang pada setiap gamenya yang telah dirilis. Jadi tidak salah jika game besutan Trese Brothers selalu ditunggu.

Templar Battleforce adalah sebuah game turn-based RPG dengan sudut pandang top-down. Role-playing game adalah jenis game dimana pemain berperan menjadi tokoh fiksi di dalam suatu game. Pemain menjalankan peran karakternya sesuai dengan narasi atau jalan cerita yang diberikan. Sedangkan turn-based berarti, karakter dari pemain dan musuh yang dijalankan oleh komputer secara bergantian akan melakukan gerakan serangan, seperti yang kita temui pada permainan catur.

Perjalanan Mencari Planet Baru

Bertempat di dunia Star Traders, kalian dan semua manusia yang masih bertahan hidup sedang melakukan perjalanan dengan misi mencari planet baru sebagai tempat tinggal. Pada saat perjalanan berlangsung, rombongan ini diserang oleh para alien, bernama The Xeno.

Sialnya lagi, The Xeno bukanlah satu-satunya musuh yang berusaha untuk menghalangi tujuan kalian. Masih ada berbagai macam mahluk dan juga faksi lain yang ingin membunuh rombongan kalian. Misi utama tadi berbelok menjadi bertahan hidup, sembari mencoba menghancurkan para alien yang berhasil menerobos masuk ke kapal induk untuk menyelamatkan umat manusia yang tertinggal.

Terdapat 45 skenario berbeda yang dapat kamu mainkan. Apabila kalian berhadapan dengan suatu misi dan gagal, maka kalian dapat mencoba lagi untuk menjalankan misi yang sama. Hanya saja, jangan berharap kalian akan dapat menggunakan taktik yang sama karena semuanya akan diatur secara acak sedari awal lagi.

Setiap menyelesaikan sebuah misi, kalian akan mendapatkan Requisition Points atau disebut juga RP. Poin ini dapat digunakan untuk membuka kemampuan baru karaktermu. Tidak hanya itu saja, semakin banyak kemampuan yang terbuka, maka semakin banyak pula kelas karakter yang dapat kalian pilih untuk dimainkan.

Pilihan kelas ini murni menjadi pilihan kalian sendiri, tidak terpaku dengan jalan cerita. Sebagai contoh, jika kalian lebih suka menyerang dari jarak jauh, maka kalian dapat mengambil rute pemilihan kelas Scout pada skill trees. Pengaturan ability dan menaikkan level tiap karakter dapat diatur di Battleforce HQ, ketika pemain sedang tidak berada dalam suatu misi.

Satu lagi yang unik dari Templar Battleforce adalah kalian dapat mengatur kembali poin status yang telah diberikan kepada tiap unit. Sehingga jika kalian merasa salah dalam mengambil keputusan, maka opsi ini dapat membantu, daripada harus mengulang kembali permainan dari awal.

Sayangnya untuk Requisition Skill sendiri, poin yang telah dipakai tidak akan bisa diulang kembali, jadi pastikan kalian mengambil rute pemilihan kelas yang tepat.

Tutorial Sangat Membantu Pemain Baru Untuk Terbiasa Dengan Kontrol dan Gameplay

Jika kalian merasa game ini terlalu detail dan menyulitkan, maka tidak perlu khawatir. Tutorial yang diberikan pada Templar Battleforce sangatlah detail. Hal ini membuat pemain pemula seperti saya misalnya, tidak bingung. Tetapi jika dirasa sekali tutorial saja tidak cukup, maka kalian dapat mengulanginya kembali misi tutorial ini dari awal.

Kendali pada Templar Battleforce sendiri sangatlah sederhana. Kalian dapat menekan tombol di pojok kiri atas untuk melihat misi yang sedang kalian hadapi. Pada bagian kanan layar, terdapat list dari kemampuan yang dapat dikeluarkan oleh setiap karakter saat terjadi kombat, beserta tampilan action point. Sedangkan pada bagian kiri bawah layar akan terdapat tampilan status dari masing-masing karakter.

Editor : MakeMac

Latest