Follow Us

Begini Cara Cepat Menghapus File atau Dokumen di Mac Tanpa Masuk Trash

Dok Grid - Kamis, 12 Oktober 2023 | 09:53
Begini Cara Cepat Menghapus File atau Dokumen di Mac Tanpa Masuk Trash

Makemac - Sering menghapus banyak data di komputer Mac? Pasti kamu tahu kan jika menekan menghapus data di kapasitas penyimpanan internal, data tersebut akan mampir ke Trash terlebih dahulu.

Nah, bagaiman cara bypass alias langsung hapus saja tanpa mampir ke Trash? Mudah saja, gunakan mode Delete Immediately yang ada di Finder.

Caranya memang sedikit tersembunyi, yuk kita bahas!

Cara Menggunakan Fitur Delete Immediately

Ada 2 cara sebetulnya untuk menggunakan fitur ini, lewat shortcut keyboard atau dari Menu Bar di Finder. Kita bahas keduanya ya!

A. Delete Immediately via Shortcut Keyboard

  1. Pilih dokumen yang ingin kamu hapus. Bisa satu atau sekaligus beberapa buah dokumen. Pastikan kamu sudah tidak membutuhkannya ya.
  2. Tekan kombinasi keyboard option + command + delete.
  3. Setelah itu jendela peringatan untuk mengijinkan dokumen tersebut dihapus akan tampil. Pilih Delete. Sudah deh selesai, dokumen kamu akan terhapus dan tidak mampir dahulu ke Trash

B. Delete Immediately via Menu Bar Finder

  1. Pilih dokumen yang ingin kamu hapus. Bisa satu atau sekaligus beberapa buah dokumen. Pastikan kamu sudah tidak membutuhkannya ya.
  2. Akses Menu Bar Finder dan tekan tombol File.
  3. Setelah itu tahan tombol keyboard Option untuk mengubah fungsi Move to Trash menjadi Delete Immediately. Tekan tombol tersebut dan berikan persetujuan untuk menghapus dokumen.
Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Harus Memakai iMac Untuk Mendukung Pekerjaanmu

Bagaimana, mudah kan? Jika cara di atas terlalu riskan untuk kamu yang ingin kembali mengecek dokumen di Trash, saya sarankan untuk tidak menggunakan secara terus-menerus.

Kamu bisa menggunakan fitur Empty Trash dengan kombinasi keyboard cmd + shift + delete. Saya sendiri biasa mengosongkan Trash di penghujung hari supaya dapat mengecek kembali dokumen apa yang ternyata dibutuhkan dan harus “diangkat” lagi dari Trash.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatur Supaya Browser Safari Bisa Unduh Otomatis di Mac

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular