Follow Us

Review Powerbeats 3: Baterai Awet, Tahan Keringat dan Teknologi Apple W1 Chip

Bagus Hernawan - Senin, 06 Maret 2017 | 17:01
Review Powerbeats 3: Baterai Awet, Tahan Keringat dan Teknologi Apple W1 Chip

Powerbeats 3 adalah salah satu dari beberapa earphone yang sudah menggunakan teknologi Apple W1 Chip selain EarPods. Selain produk ini, ada juga Beats Solo 3 dan juga BeatsX yang dibekali teknologi serupa. Tim MakeMac mendapatkan kesempatan untuk mencoba Powerbeats 3 selama seharian dan ingin berbagi review kepada pada Sahabat MakeMac. Berikut ini catatan lengkapnya.

Mengenal Powerbeats 3

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Sesuai dengan namanya, earphone nirkabel ini adalah generasi ketiga dari seri PowerBeats. Perbedaan utama dari generasi sebelumnya adalah warna yang digunakan tidak lagi dual tone hitam merah, melainkan satu warna dengan 5 pilihan. Yaitu putih, kuning, biru, hitam dan merah. Nampaknya Apple mengubah tradisi warna di Beats supaya lebih sederhana – sesuai dengan filosofi dari Apple yang simple. Harga yang diberikan oleh Apple adalah $199. Sebagai pembanding, AirPods menggunakan harga $159 dan BeatsX di harga $149. Ketiganya menggunakan teknologi Apple W1 Chip sebagia fitur yang paling diunggulkan.

Detail bagian di PowerBeats 3 sebetulnya tidak banyak. Yaitu kaitan (hoox) di sisi atas telinga agar tidak mudah lepas, RemoteTalk di sisi kiri yang berisi paduan Mic, tombol volume dan mode untuk memanggil Siri. Dalam paket penjualannya ada 4 Eartips dalam berbagai ukuran untuk membuat fitting Powerbeats 3 sesuai dengan lubang telinga kamu.

Ya, karena menggunakan Eartips, PowerBeats 3 ini masuk dalam kategori earphone dengan tipe IEM alias In-Ear Monitor. Berbeda dengan EarPods atau AirPods yang tidak memerlukan Eartips dan lebih dikenal sebagai earphone biasa.

Teknologi yang Digunakan

PowerBeats 3 menggunakan teknologi Apple W1 Chip sebagai nilai jual paling utama. Dengan teknologi ini, pengguna iPhone dengan iOS 10 dapat memperoleh mode pairing dengan sangat cepat – persis yang digunakan pada AirPods. Tinggal tekan dan tahan tombol yang ada di sisi kanan dan dekatkan ke iPhone. Jendela tampilan seperti gambar di atas akan tampil, kamu tinggal tekan tombol Connect dan saatnya mencari musik yang ingin didengarkan.

Teknologi lain yang dimiliki adalah Fast Fuel yaitu mode charging (dengan kabel Micro USB di sisi kiri) yang sangat cepat. Yaitu 5 menit charging akan menghasilkan daya baterai untuk penggunaan hingga 1 jam. Kamu juga bisa memantau sisa baterai yang ada di Powerbeats 3 lewat fitur Widget di iOS 10 ya. Gunakan dengan cara mengaktifkan Widget Batteries dan pantau saat kamu butuhkan. Sebagai tambahan catatan, Apple mengklaim baterai di Powerbeats 3 dapat digunakan selama 12 jam dari kondisi penuh hingga baterai habis dan harus kamu isi kembali.

Karena dirancang untuk aktivitas olahraga, Powerbeats 3 juga memiliki fitur tahan keringat alias percikan air. Kegiatan olahraga yang banyak membuat kamu berkeringat atau aktivitas di luar lapangan dalam kondisi sedikit hujan, bukan masalah besar untuk perangkat ini.


Baca Juga:


Kualitas Suara?

Oke, mungkin ini pembahasan yang paling kamu tunggu. Bagaimana kualitas suara yang dihasilkan? Kalau kamu sudah sering mencoba headphone atau earphone dari Beats, karakter suara yang dimiliki Powerbeats 3 tidak jauh berbeda. Yaitu bass yang cukup kuat dan energik – membuatnya cocok untuk digunakan saat aktivitas olahraga dan kegiatan luar ruangan yang banyak gerakan. Namun kamu juga tetap bisa menggunakan Powerbeats 3 untuk musik santai yang menggunakan beberapa instrumen dengan cukup nyaman.

Lanjut ke bahasan fitting alias posisi di telinga. Kamu wajib memilih Eartips dengan ukuran yang tepat untuk menggunakan Powerbeats 3 dengan nyaman. Setelah menggunakan Eartips dengan tepat dan mengatur kaitan di sisi atas serta tali di bagian belakang, Powerbeats 3 siap diajak untuk beraktivitas tanpa takut resiko terlepas. Jika kamu menggunakan kacamata seperti saya, pastikan ada cukup ruang di lipatan atas daun telingan untuk menyelipkan kaitan dari Powerbeats 3 bersama dengan tangkai kacamata kamu.

Earphone Apple W1 Chip dengan Fitur Paling Lengkap

Perpaduan antara teknologi Apple W1 Chip, IEM dengan beragam teknologi khusus untuk olahraga seperti tahan keringat dan percikan air serta mode isi baterai yang cepat adalah 3 hal terbaik dari Powerbeats 3. Sayangnya kamu masih harus membawa kabel Micro USB untuk mode charging di perangkat ini – tidak seperti AirPods yang dibekali charging case bawaan dan mode isi ulang daya lewat kabel lightning saja. Sedangkan untuk BeatsX, juga masih tetap membutuhkan kabel tambahan untuk mode charging – tetapi menggunakan port Lightning.

Jika kamu membutuhkan IEM nirkabel yang kuat, ringan, RemoteTalk untuk pengaturan volume dan ganti lagu, mode kaitan untuk menjaganya agar tidak mudah lepas dan tentunya sudah mendukung Apple W1, Powerbeats 3 bisa menjadi pilihan yang tepat.


Pengalaman Pertama Menggunakan AirPods: Ringan dan Beragam Fitur Canggih


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest