Follow Us

7 Produk Baru yang Bakal Diumumkan di WWDC 2017

Andri Alfansyah - Jumat, 02 Juni 2017 | 13:31
7 Produk Baru yang Bakal Diumumkan di WWDC 2017

Minggu depan, tepatnya pada tanggal 5–9 Juni 2017, Apple bakal segera membuka Worlwide Developers Conference (WWDC) 2017 di San Jose, California. Ajang tahunan para pengembang tersebut kali ini bakal lebih istimewa dibandingkan dengan sebelumnya-sebelumnya.

Pasalnya, konferensi yang biasanya untuk mengumumkan update software atau sistem operasi baru rencananya bakal digunakan Apple untuk juga mengumumkan sejumlah hardware baru di hadapan para pengembang dan publik dunia. Nah apa saja software dan hardware yang bakal diumumkan Apple dalam gelaran WWDC kali ini? Tim MakeMac sudah menghimpun informasinya buat kamu.

iOS 11

Sistem operasi mobile iOS 10 akhirnya bakal segera tergantikan oleh update terbaru iOS 11. Apple rencananya bakal mengumumkannya dengan sejumlah pembaruan dalam ajang WWDC 2017.

Salah satu pembaruan yang disiapkan Apple untuk hadir di iOS 11 di antaranya adalah peningkatan untuk Siri. Asisten pribadi pintar tersebut kabarnya bakal memiliki suara alami layaknya manusia, terintegrasi lebih dalam dengan aplikasi pihak ketiga, mendukung pertanyaan yang lebih kompleks, dan mendukung mode offline.

Tidak hanya itu, iOS 11 juga bakal membawa sejumlah peningkatan di beragam aplikasi bawaan seperti Camera, Music, TV, dan iMessage. Kamera di update iOS baru kabarnya bakal mendukung teknologi Augmented Reality (AR) atau realitas tertambah.

Berikutnya adalah aplikasi Music yang juga bakal diperbarui menyusul Apple bakal menayangkan sejumlah acara orisinal, seperti CarPool Karaoke, Planet of the Apps, dan lain sebagainya. Sedangkan iMessage kabarnya bakal mendukung Read Receipt di grup iMessage seperti aplikasi chat sejenis.

Lebih menarik dari lainnya, update iOS 11 juga mendukung Dark Mode. Dari namanya, mode ini bakal mengubah tampilan warna sistem operasi yang berwarna putih menjadi lebih gelap. Dark Mode sedianya memulai debutnya tahun lalu, namun tidak jadi hadir lantaran Apple tampaknya belum siap menghadirkannya di iOS 10.

Sebagai catatan, update iOS 11 yang diumumkan di WWDC nanti bakal tersedia dalam versi beta buat pengembang terdaftar. Sebagaimana yang sudah-sudah, update iOS ini bakal meluncur resmi buat publik pada bulan September.

macOS 10.13

Update sistem operasi buat komputer Mac juga bakal diumumkan Apple dalam WWDC. Mengusung versi macOS 10.13, sistem operasi ini juga bakal hadir dengan sejumlah pembaruan fitur.

Di macOS 10.13, asisten pribadi pintar Siri kabarnya bakal memiliki kemampuan sama seperti di iOS, yaitu mendukung perintah suara “Hey Siri”. Di samping bakal hadir dengan iTunes baru, macOS 10.13 juga diharapkan bakal hadir dengan aplikasi TV, Apple News, Podcasts, dan mendukung platform HomeKit.

watchOS 4

Update software berikutnya yang disiapkan Apple untuk diumumkan adalah watchOS 4 buat perangkat Apple Watch. watchOS versi baru diharapkan bakal hadir dengan sejumlah aplikasi bawaan, seperti Notes, Podcasts, [Find My iPhone yang juga mendukung Find my AirPods.

Peningkatan-peningkatan lain mungkin dihadirkan Apple di watchOS 4 adalah perubahan di Control Center, fitur Now Playing yang mendukung kontrol volume, dan aplikasi Activity di mana pengguna melihat data olahraga langsung dari Apple Watch, wajah jam baru, dan kustomisasi bunyi notifikasi.

Editor : MakeMac

Latest