Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Kata Scott Forstall Tentang Desain “Skeuomorphism” di iOS Lawas

Andri Alfansyah - Kamis, 22 Juni 2017 | 10:48
SVP of iOS Software Scott Forstall dalam wawancaranya kemarin tidak saja berbicara soal ihwal sejarah lahirnya iPhone saja, tapi juga soal desain skeumorphism yang diciptakannya di iOS versi lawas.

SVP of iOS Software Scott Forstall dalam wawancaranya kemarin tidak saja berbicara soal ihwal sejarah lahirnya iPhone saja, tapi juga soal desain skeumorphism yang diciptakannya di iOS versi lawas.

Ternyata masih ada topik menarik lain yang dikemukakan SVP of iOS Software Scott Forstall dalam wawancaranya kemarin dengan sejarawan John Markoff dari Computer History Museum di Mountain View, California. Tidak saja berbicara soal karirnya dan ihwal sejarah lahirnya iPhone saja, tapi juga soal desain skeumorphism yang diciptakannya di iOS versi lawas.

Desain skeumorphism sendiri adalah desain material di sistem operasi iOS versi awal hingga iOS 6 yang menyerupai dunia nyata. Desain ini diadopsi di sejumlah aplikasi buat iPad, seperti desain ikon Contacts yang mirip buku alamat asli atau aplikasi Calendar yang punya ornamen kulit.

Forstall dan Steve Jobs (alm.) disebutkan menyukai desain skeumorphism. Namun bagi petinggi Apple yang lain sebaliknya karena desain tersebut dianggap kurang menarik dan kurang modern. Hingga Apple memecat Forstall pada 2012 dan menunjuk Jony Ive mengambil alih desain software dan hardware.

Sebagaimana dikutip 9to5Mac, sebelum bertanya soal desain skeumorphism, John Markoff menanyakan kepada Forstall apakah dia menggunakan iPhone dan ada saat di mana dia mengatakan tidak (menggelengkan kepala) pada sesuatu? Tanpa mengiyakan menggunakan iPhone, Forstall menjawab sebagai desainer dia selalu melakukannya dan hal itu seharusnya bisa dilakukan dengan lebih baik.

That happens all the time. If you’re a designer, if you care about design, you can’t go through any part of your life without shaking your head and thinking that could have been done better. And I thought that for our design, even the first version. The second version you’re always making it better.

John Markoff lantas bertanya soal desain skeumorphic yang membuat penasaran banyak orang. Forstall mengatakan bahwa dia tidak pernah tahu istilah skeuomorphism bahkan setelah bertahun-tahun menciptakan iPhone. Pertama kali mengetahuinya, istilah tersebut terdengar buruk dan tidak alami, ungkapnya.

Forstall lebih lanjut mengumpamakan desain skeuomorphism sebagai desain ilustrasi foto, desain metaforis yang menjadi filosofi dianut Steve Jobs sejak komputer Mac generasi pertama diciptakan. Namun bukan berarti Apple menyukai semua bagian dari filosofi desain tersebut, melainkan mereka membuat desain yang bekerja untuk banyak orang.

When I look at good design, when I look for good design, I look for something which is easy to use. Approachable. Friendly. You can use it without a manual. It’s fun.

If you look at the designs we did at Apple, we talked about photo illustrative designs, metaphorical designs. And those were infused into the design sense of Apple by Steve Jobs since the original Mac if not earlier. The original Mac had a desktop and folders that looked very much like the desktop on which that Mac sat.

And so we used these design philosophies. It doesn’t mean that we loved every single part of it. It doesn’t mean I loved every single part of it. There’s definitely things that I was less a fan of than others.

But we built these designs that worked. And how do we know they worked? You just had to watch people use it.


Baca juga:

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x