Follow Us

WD My Passport Wireless Pro, Cadangkan Data Kapan Saja dengan Koneksi Nirkabel

Bagus Hernawan - Kamis, 09 November 2017 | 11:30
WD My Passport Wireless Pro, Cadangkan Data Kapan Saja dengan Koneksi Nirkabel

Western Digital tahun ini kembali merilis media penyimpanan eksternal dengan format nirkabel. Menggunakan nama WD My Passport Wireless Pro, kamu dapat menggunakan hard disk portabel ini dengan koneksi kabel USB 3.0 atau Wi-Fi yang dapat terhubung ke beberapa perangkat secara bersamaan. Tim MakeMac sudah mencoba WD My Passport Wireless Pro selama beberapa pekan dan ingin berbagi reviewnya kepada Sahabat MakeMac. Yuk simak langsung!

Spesifikasi WD My Passport Wireless Pro

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

WD My Passport Wireless Pro dijual dengan 4 pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 1TB, 2TB, 3TB dan 4TB. Semuanya menggunakan teknologi yang sama baik secara koneksi dan juga port yang disediakan serta warna hitam sebagai bagian dominan di seluruh permukaan. Baterai yang ada di dalam WD My Passport Wireless Pro juga diklam dapat digunakan selama 10 jam non-stop tanpa kendala karena ukurannya yang besar (6400mAh). Jangan khawatir juga dengan file system yang digunakan ya! WD My Passport Wireless Pro hadir secara bawaan dengan format exFAT yang mendukung Windows dan Mac tanpa perlu aplikasi tambahan.

Kita lanjut ke bahasan port atau koneksi input dan output. WD My Passport Wireless Pro punya beberapa port yang terletak di sisi samping. Pertama adalah USB 3.0 untuk transfer data ke komputer atau charging baterai yang ada di dalamnya. Kedua adalah port USB-A female yang berguna untuk menghubungkan perangkat USB lainnya dan transfer data ke dalam WD My Passport Wireless Pro. Bahkan port ini bisa kamu gunakan untuk menghubungkan perangkat iPhone lewat kabel data dan menjadikan WD My Passport Wireless Pro sebagai power bank.

Selanjutnya ada port SD Card yang berguna untuk memasukkan kartu memori dari kamera digital. Ada fitur one-touch copy yang bisa kamu gunakan untuk menyalin semua data dari SD Card ke dalam WD My Passport Wireless Pro secara rapi dalam sebuah folder dan otomatis.

Akses lain yang ada di WD My Passport Wireless Pro adalah beberapa tombol dan juga lampu indikator baterai serta kinerja storage. Untuk tombol, kamu bisa menemukan tombol Power dan tombol kedua adalah status baterai, WPS (Wi-Fi Protected Setup) dan SD Card Backup yang tergabung dalam satu tombol.

Pengalaman Menggunakan WD My Passport Wireless Pro

Akses paling mudah di WD My Passport Wireless Pro ya tentu saja menggunakan kabel USB 3.0 dan colok ke komputer. Namun tentunya kamu membeli WD My Passport Wireless Pro bukan untuk fitur biasa tersebut saja donk? Bagaimana sih cara menggunakan WD My Passport Wireless Pro secara nirkabel, lewat komputer atau perangkat iOS misalnya? Berikut ini panduan dasarnya:

Menggunakan WD My Passport Wireless Pro Secara Nirkabel:

  1. Buka WD My Passport Wireless Pro dari kemasan, isi baterai untuk pertama kali jika diperlukan.
  2. Aktifkan koneksi nirkabel di WD My Passport Wireless Pro dengan menekan tombol Power Button di bagian kiri atas.
  3. Bagi pengguna komputer (Mac atau Windows), cari SSID dari WD My Passport Wireless Pro dan gunakan password yang tertulis dalam tempelan stiker di atas hard disk tersebut. Jika kamu tidak dapat menemukan stiker tersebut, password bawaan yang digunakan adalah 8 digit terakhir dari Serial Number atau ada di dokumen Quick Install Guide di dalam WD My Passport Wireless Pro. Bagi pengguna perangkat iOS, silakan unduh aplikasi WD My Cloud dan lakukan langkah yang tidak jauh berbeda dengan panduan di atas.
  4. Kembali pada komputer, setelah berhasil terhubung silakan masuk ke peramban yang kamu gunakan dan akses WD My Passport Wireless Pro lewat IP Address 192.168.60.1 atau http://mypassport.local. Ada beberapa pengaturan awal yang bisa kamu lakukan seperti persetujuan hak akses Automatic Import Media saat menggunakan SD Card dan perangkat USB lain serta instal Plex Media Server.
  5. Setelah semua pengaturan beres, kamu bisa melihat jendela utama dari WD My Passport Wireless Pro seperti gambar di bawah. Ada beberapa tombol koneksi, informasi kapasitas penyimpanan, baterai dan jenis koneksi yang kamu gunakan. Sedangkan untuk akses data di dalamnya, silakan masuk ke Finder dan akses bagian Sidebar yaitu list Shared.

Baca Juga:

Editor : MakeMac

Latest