Follow Us

Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone

Bagus Hernawan - Jumat, 24 November 2017 | 17:06
Review iPhone X: Evolusi Terbaik di 10 Tahun iPhone

Perangkat iPhone pertama kali hadir di tahun 2007, itu artinya tahun ini Apple resmi menjual iPhone selama 10 tahun. Beragam teknologi terus diberikan dari tahun ke tahun untuk evolusi perangkat iPhone mulai dari Retina Display (iPhone 4), Touch ID (iPhone 5s), 3D Touch (iPhone 6s), dan seterusnya. Kini, Apple merayakan pencapaian 10 tahun tersebut dengan merilis iPhone X dan mengusung tagline The Future is Here yang artinya masa depan ada di sini, di ponsel yang kamu gunakan. Tim MakeMac ingin berbagi review iPhone X untuk Sahabat MakeMac yang masih penasaran atau dalam rencana untuk segera membeli iPhone X. Silakan simak catatan lengkapnya ya!

Mengenal iPhone X

Ukuran, dimensi dan Layar yang digunakan

Produk iPhone selalu berkembang sesuai kebutuhan masa depan. Ketika rilis awal, iPhone 2G hanya menggunakan ukuran diagonal layar 3.5 inci di saat beragam PDA punya layar yang lebih kecil dan harus menggunakan stylus. Inovasi terus dikembangkan hingga akhirnya di iPhone 4 hadir dengan fitur Retina Display, iPhone 6 Plus dengan layar 5.5 inci dan seterusnya. Kini di iPhone X, Apple menggunakan layar 5.8 inci namun dengan bodi yang jauh lebih kecil dibandingkan iPhone seri Plus. Perubahan ini juga diberikan pada kualitas layar yang digunakan yaitu Super Retina HD display dengan bahan OLED di resolusi 2436 x 1125 piksel. Komputer kamu masih menggunakan resolusi 1280 x 800? Itu artinya gambar di iPhone X bisa 2x lebih tajam dibandingkan gambar yang tampil di komputer kamu.

Secara dimensi, iPhone X berukuran hampir sama dengan iPhone 8. Namun layarnya jauh lebih besar karena tidak ada bezel di 4 sisinya dan hilangnya Home Button. Meskipun tidak jauh berbeda dengan iPhone 8 secara ukuran bodi, tetapi layarnya jauh lebih besar dibandingan iPhone 8 Plus. Nonton video, main games, membaca artikel dengan barisan teks atau gambar yang memanjang ke bawah adalah kegiatan yang sangat nyaman dengan layar di iPhone X.

Bagaimana dengan bahan yang digunakan? Apple memberikan material kaca di sisi depan dan belakang iPhone X untuk membuatnya tampil ekstra mewah. Sisi rangka utama atau bagian samping, menggunakan Stainless Steel yang menyesuaikan warna bodi. Yaitu warna gelap untuk iPhone X Space Gray dan warna krom untuk iPhone X Silver. Warna krom di bezel ini sepintas membuat saya ingat perangkat Apple Watch Stainless Steel yang menggunakan bentuk hampir sama.

Pindah ke bagian belakang, Apple menggunakan bodi belakang dengan bahan kaca. Tentunya saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar lagi mengenai alasan Apple menggunakan bodi belakang dari bahan kaca, yaitu demi teknologi Wireless Charging. Lanjut ke berat perangkat, iPhone X terasa lebih solid dan padat jika dibandingkan iPhone 7 Plus yang saya gunakan. Mungkin ini karena ukurannya yang bisa dibilang cukup kecil namun memiliki baterai yang besar 2716mAH (iPhone 7 Plus menggunakan baterai 2900mAH).

Hilangnya Home Button dan Beragam Gesture Baru

Jika tahun lalu Apple sudah membuang jack audio demi membuat perangkat iPhone menjadi tahan air, tahun ini giliran Home Button. Ya, hardware Home Button resmi dilenyapkan di iPhone X dan diganti menggunakan beragam gesture baru. Total ada 15 gesture dan kombinasi tombol baru yang harus kamu pelajari jika sudah menggunakan iPhone X.

Saya pribadi hanya perlu beberapa jam saja untuk membiasakan diri saat pertama kali menggunakan iPhone X alias kehilangan Home Button. Cara baru untuk akses Multitasking dengan swipe ke atas dan tahan, screenshot dengan kombinasi tombol baru serta Force Restart dan memanggil Control Center dari sisi kanan atas adalah beberapa bagian yang bakalan sering kamu pakai di iPhone X dengan cara akses baru.

Editor : Bagus Hernawan

Latest