Follow Us

Review ProCam 5, Pengaturan Tambahan untuk Penggemar Fotografi di iPhone

Bagus Hernawan - Senin, 19 Februari 2018 | 16:15
Review ProCam 5, Pengaturan Tambahan untuk Penggemar Fotografi di iPhone

ProCam 5 adalah aplikasi andalan saya untuk mengambil foto dan video jika merasa aplikasi Camera bawaan iOS kurang mumpuni. Ada banyak fitur dan pengaturan yang bisa kamu lakukan dengan ProCam 5 untuk iPhone dan iPad. Penasaran dengan reviewnya? Yuk simak langsung!

Mengenal ProCam 5

ProCam 5 dibuat oleh pengembang Samer Azzam, nama di balik aplikasi Stackables yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan filter gambar lebih bertumpuk dalam sebuah foto. Azzam juga punya beberapa aplikasi fotografi lainnya seperti Filmaker Pro, Formulas dan Living Planet. semuanya dapat kamu unduh di laman berikut ini.

Masuk ke pembahasan ProCam 5, ketika pertama kali membukanya, kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar di atas. Gambar latar belakang dengan warna hitam, deretan pengaturan di atas dan bawah serta tombol Set di pojok kiri bawah. Tombol Shutter atau jepret kamera ada di bagian tengah bawah dan di sebelah kirinya ada tombol mode jepret yang kamu butuhkan.

Mode yang Didukung ProCam 5

Tidak hanya foto atau mode Camera saja loh! ProCam 5 mendukung fitur rekam Video, Time Lapse, Night Mode, Burst Mode, Slow Shutter dan Portrait Mode untuk iPhone yang menggunakan kamera ganda. Setiap mode tadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat mengambil gambar dan peralatan yang digunakan. Misalkan Slow Shutter, pastikan untuk menggunakan tripod atau mounting yang kuat sehingga perangkat iPhone tidak bergerak selama proses pengambilan gambar.

Setelah memilih mode jepretnya, silakan akses pengaturan di bagian atas ya. Bagian ini bekerja searah dengan mode jepret yang kamu pilih. Misalkan untuk mode Photo, ada beberapa pilihan seperti output dokumen RAW, TIFF, HDR atau AEB (Auto Exposure Bracketing) yang dapat kamu pilih.

Jika tidak menemukan tampilan tersebut, silakan swipe ke bawah dari tampilan utama ya. Pada baris kedua di bagian atas, kamu bisa menemukan informasi pendukung yang ada di ProCam 5. Seperti penggunaan Flash, memori penyimpanan yang masih tersedia dan juga baterai.

Kembali ke bagian bawah, ProCam 5 punya beberapa pengaturan Manual yang bisa kamu lakukan. Seperti pada aplikasi sejenis, pengaturan ini meliputi Exposure, Shutter, ISO, White Balance dan beragam lainnya. Tinggal geser silder yang ada di bagian ini untuk menambah atau mengurangi nilai pengaturannya.

Baca Juga:

Pengaturan Tambahan, Tidak ada di Aplikasi Bawaan!

Nah bagian ini adalah favorit saya di ProCam 5. Yaitu mode pengaturan tambahan yang tidak tersedia di aplikasi Camera bawaan. Mulai dari mode Subject Tracking, Shutter Priority, ISO Priority, Raw Format, Timestamp, Interval Time Lapse dan beberapa pengaturan untuk mode video.

Editor : Bagus Hernawan

Latest