Follow Us

5 Cara Kirim Dokumen PDF dari Komputer Mac ke iPhone

Bagus Hernawan - Sabtu, 24 Maret 2018 | 22:56
5 Cara Kirim Dokumen PDF dari Komputer Mac ke iPhone

Sebagai seorang pelajar atau pekerjan kantoran, menggunakan dokumen PDF untuk beragam kegiatan adalah hal biasa. Seperti membuat makalah di komputer Mac lalu ingin dibaca ulang saat menggunakan iPhone di jalan. Bagaimana sih cara untuk mengirim dokumen PDF dari komputer Mac ke perangkat iPhone? Tim MakeMac punya 5 alternatif cara yang dapat kamu lakukan, simak dalam penjelasan berikut ini ya:

Cara Kirim Dokumen PDF dari Komputer Mac ke iPhone

1. AirDrop

Sutah tahu belum kalau fitur AirDrop di komputer Mac dan perangkat iOS dapat digunakan untuk mengirim dokumen PDF loh! Pertama-tama pastikan bahwa komputer Mac yang kamu gunakan mendukung fitur AirDrop dari Mac ke perangkat iOS.

Setelah itu sambungkan keduanya dalam 1 jaringan nirkabel dan ada dalam jarak dekat. Pastikan juga fitur AirDrop sudah diaktifan dan kirim dokumen lewat Finder di tab AirDrop. Di perangkat iPhone sebagai penerima dokumen, pilih aplikasi yang akan kamu gunakan untuk menyimpan dan buka dokumen PDF ya. Mulai dari iBooks, Evernote atau mungkin aplikasi lain yang biasa kamu gunakan.

2. Dropbox, iCloud atau Cloud Service Lain

Cara yang lebih sederhana adalah menyimpan dokumen PDF yang kamu kerjakan di komputer ke akun cloud service. Bisa Dropbox, iCloud, Google Drive atau lainnya. Setelah itu instal aplikasi dari layanan cloud service tersebut ke perangkat iOS dan akses dokumen PDF tadi.

Beberapa layanan cloud service yang ada saat ini sudah mendukung mode offline mode atau akses dokumen yang sudah kamu unduh, tanpa koneksi internet. Tentunya cara ini akan sangat memudahkan kamu yang memerlukan akses dokumen PDF tanpa ribet kirim dari perangkat Mac ke iPhone.

3. iTunes File Sharing

Masih menggunakan mode cadangkan data dari perangkat iPhone ke iTunes di komputer Mac? Jika iya, silakan gunakan mode iTunes File Sharing yaitu akses menambah dokumen dari setiap aplikasi yang mendukung fitur ini lewat iTunes.

Silakan instal aplikasi yang berfungsi sebagai PDF viewer atau File Manager dan mendukung iTunes File Sharing. Setelah itu ikuti panduan untum menggunakan iTunes File Sharing dari Apple Support ya! Salah satu kelemahan dari metode ini adalah harus menghubungkan perangkat iOS ke komputer Mac setiap ingin menambahkan dokumen baru. Jadi terasa lebih merepotkan dibandingkan cara kedua.


Baca Juga:


4. Web Transfer via Aplikasi yang Mendukung

Editor : MakeMac

Latest