Follow Us

Jabra Elite 65t, Earphone Pesaing AirPods dengan Teknologi HearThrough

Bagus Hernawan - Jumat, 27 Juli 2018 | 18:14
Jabra Elite 65t, Earphone Pesaing AirPods dengan Teknologi HearThrough

Jabra beberapa waktu lalu resmi merilis produk earphone nirkabel bernama Jabra Elite 65t di pasaran Indonesia. Produk yang kerap disebut sebagai pesaing perangkat AirPods ini membuat saya penasaran dan langsung ingin mencobanya. Kini setelah menggunakan Jabra Elite 65t selama 2 pekan, saya ingin berbagi reviewnya kepada Sahabat MakeMac. Yuk simak langsung!

Mengenal Jabra Elite 65t

Jabra Elite 65t mengincar para pengguna perangkat iOS yang gemar mendengarkan musik di mana saja dan menerima panggilan telepon secara bebas. Earphone ini menggunakan desain IEM (In-Ear Monitor) atau memiliki karet silikon tips yang digunakan untuk menempel (atau lebih tepatnya saya sebut menyumbat) telinga kiri dan kanan.

Bentuknya benar-benar true wireless alias tidak ada kabel saat digunakan, membuatnya mirip dengan AirPods. Bedanya adalah Jabra Elite 65t menggunakan desain IEM yang bisa lebih kuat melekat di lubang telinga sedangkan AirPods menggunakan tangkai earphone sebagai penyeimbang posisinya.

Meskipun desainnya sederhana dan tergolong sangat kecil, Jabra Elite 65t punya fitur cukup lengkap dan baterai hemat. Pertama adalah sisi kiri IEM yang memiliki tombol mini untuk pengaturan suara sekaligus Next / Previous musik yang sedang kamu putar. Sedangkan di sisi kanan, 1 bulatan utama digunakan untuk Play/Pause (tekan sekali), memanggil Siri (tekan dan tahan) dan teknologi HearThrough (tekan dua kali) yang akan saya bahas secara terpisah.

Teknologi Mikrofon dan Baterai Hemat

Jabra Elite 65t juga memiliki total 4 buah mikrofon yang digunakan untuk teknologi wind noise reduction, memastikan suara panggilan telepon tetap jernih. Mikrofon ini juga digunakan untuk menunjang teknologi HearThrough sebagai salah satu fitur terbaik dari Jabra Elite 65t yang sudah saya coba.

Bagaimana dengan baterainya? Jabra Elite 65t diklaim mampu menemani kamu memutar musik secara nirkabel hingga 5 jam dalam sekali pengisian baterai. Lalu bagaimana cara mengisi baterai di Jabra Elite 65t? Mudah, masukkan saja ke dalam kotak penyimpanan dengan warna hitam yang diberikan. Kotak tersebut berfungsi untuk menyimpan Jabra Elite 65t saat tidak digunakan dan otomatis mengisi baterai ke IEM.

Secara total, kotak penyimpanan Jabra Elite 65t punya baterai cadangan agar kamu dapat menggunakan IEM hingga 10 jam. Sehingga saat kamu mengisi baterai di kotak tersebut lewat port Micro USB, secara total ada 15 jam masa penggunaan yang didapatkan. Jabra juga menjelaskan bahwa mereka sudah menggunakan fitur Rapid Charge sehingga 15 menit pengisian baterai, bisa membuat kamu menggunakan IEM selama hampir 1.5 jam.

Baca Juga:

Fitur Andalan: HearThrough

Jenis earphone yang menggunakan bentuk IEM memang bisa mereduksi suara dari lingkungan luar semaksimal mungkin, karena bentuknya yang menyumbat lubang telinga. Dibalik “kesunyian” ini, terkadang kamu juga pasti perlu mendengarkan lingkungan sekitar seperti saat sedang berada dalam bus, kereta atau lainnya. Nah masalah ini yang coba dijawab Jabra dengan memberikan teknologi HearThrough.

Editor : Bagus Hernawan

Latest