Follow Us

5 Langkah Mudah Clean Install macOS Mojave

Alexius Aditya - Rabu, 26 September 2018 | 18:38
5 Langkah Mudah Clean Install macOS Mojave

MacOS Mojave sudah resmi dirilis di App Store beberapa hari yang lalu. Sebagian orang memilih untuk langsung mengunduh dan memasangnya saat itu juga. Saya yakin, mereka punya alasannya sendiri. Namun sebagian lainnya memilih untuk menunggu. Bisa jadi karena aplikasi favoritnya tidak lagi didukung oleh macOS Mojave. Atau mungkin karena alasan ingin memulai sesuatunya dari awal lagi dengan melakukan Clean Install.

Apa sih Clean Install?

Dibandingkan dengan mengunduh OS baru dan memasangnya langsung dengan kondisi seadanya, Clean Install berarti memasang OS di Mac yang kosong sama sekali. Seperti saat kamu membeli Mac pertama kali, kosong, hanya berisikan OS saja.

Melakukan Clean Install berarti membersihkan semua junk files, cache, dan semua file yang terkumpul setelah sekian lama Mac digunakan. Jika kamu seperti saya, sering mengumpulkan banyak tulisan, aplikasi, gambar, dan berbagai file lain lalu melupakannya begitu saja di berbagai macam folder maka Clean Install adalah hal yang baik untuk dilakukan dari waktu ke waktu.

Seperti kita ketahui, data yang terkumpul semakin lama akan menjadi menumpuk banyak. Hal ini bisa berpengaruh pada performa Mac. Sedihnya lagi, pengguna seringkali tidak sadar akan hal tersebut.

Clean Install mungkin terdengar merepotkan dan hal itu mungkin ada benarnya. Lagipula, pengguna memang harus memindahkan atau melakukan backup terlebih dahulu data miliknya agar data tersebut tidak hilang saat dilakukan Clean Install. Namun saya rasa, kerepotan tersebut akan terbayar ketika pengguna merasakan Mac yang seperti baru lagi.

Bagaimana Cara Melakukan Clean Install?

Walaupun terdengar mengerikan, kamu yang mungkin awam dalam hal memasang OS bisa melakukannya sendiri kok. Berikut 5 langkah mudah dalam melakukan Clean Install macOS Mojave di Mac milikmu:

1. Pastikan Mac Mendukung macOS Mojave

Tentu, hal utama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Mac milikmu telah mendukung macOS Mojave. Namun jika kamu belum yakin juga, berikut Mac yang telah mendukung macOS Mojave menurut Apple:

  • MacBook Pro: pertengahan tahun 2012 keatas
  • MacBook Air: pertengahan tahun 2012 keatas
  • MacBook: semua model
  • iMac Pro: semua model
  • iMac: akhir tahun 2012 keatas
  • Mac Mini: akhir tahun 2012 keatas
  • Mac Pro: akhir tahun 2013 keatas, pertengahan tahun 2010 dan pertengahan tahun 2012 model dengan kartu grafis yang telah mendukung Metal.
Sekarang kamu tahu pasti bahwa Mac milikmu telah mendukung macOS Mojave. Jadi persiapkan dirimu untuk langkah selanjutnya.

2. Backup Semua Data

Tidak peduli data apapun itu, tapi selama kamu ingin untuk mengaksesnya lagi nanti, kamu harus menyelamatkannya dengan melakukan backup. Ini sangat penting dilakukan karena setelah Clean Install selesai, kamu tidak akan lagi menemukan file apapun di Mac milikmu.

Backup bisa dilakukan lewat hard drive ataupun Cloud, sesuai dengan yang kamu inginkan. Hard drive memang lebih cepat, namun ada kalanya kita tidak bisa bergantung pada perangkat fisik yang kemungkinan bisa rusak kapan saja. Sedangkan Cloud mungkin merupakan opsi yang memakan waktu lebih lama, namun lebih aman karena resiko kerusakan jauh lebih kecil.

Baca Juga:

  • Boot Camp Tidak Dapat Digunakan di iMac 2012 27 inci 3TB HDD dengan macOS Mojave
  • IFIXIT Bongkar iPhone Xs dan iPhone Xs Max, Apa Saja yang Berubah dari iPhone X?
  • (Video) iPhone Xs Mengalami Sejumlah Uji Jatuh, Bagaimana Hasilnya?

3. Persiapkan macOS Mojave

Jika kamu sudah sampai langkah ini, maka saya harap proses backup sudah selesai. Sekarang kamu punya Mac yang siap untuk dihapus secara total dan data backup di tempat yang aman.

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular