Follow Us

Selamat Ulang Tahun ke-17, iPod!

Bagus Hernawan - Selasa, 23 Oktober 2018 | 15:37
Selamat Ulang Tahun ke-17, iPod!

Apple mengenalkan iPod pada tanggal 23 Oktober 2001. Tagline yang digunakan sudah saya tulis di atas, menandakan bahwa iPod adalah music player digital yang menggunakan kapasitas penyimpanan besar (5GB pada generasi pertama) dan baterai hemat untuk digunakan seharian.

Apple membuat iPod sebagai sebuah pemutar musik yang sangat ikonik dan mewakili mereknya. Yaitu warna putih, cocok untuk kalangan muda dan selalu penuh energi untuk bergerak.

Perangkat iPod di masa awal menggunakan ukuran cukup besar dan tebal. Ya, ini karena storage yang digunakan adalah hard disk dan kabel konektor dari Firewire 400. Desain clickwheel juga menjadi salah satu ciri khas dari perangkat iPod yang menurut saya belum bisa ditiru oleh produsen lain dengan tingkat kesempurnaan yang mendekati.

Setelah merilis iPod, Apple melanjutkan dengan iTunes Music Store pada tahun 2003. Toko digital ini tersedia di aplikasi iTunes yang sebelumnya hanya berfungsi untuk pemutar musik dan sistem sinkronisasi ke iPod.

Salah satu bagian mencolok atau mudah dilihat dari iPod pada jamannya adalah earphone yang digunakan. Pada awal tahun 2000-an, warna kabel earphone normalnya adalah hitam atau gelap. Namun Apple menggunakan warna putih terang supaya siapa saja bisa melihat bahwa kamu sedang menggunakan iPod.

Baca Juga:

Perkembangan iPod

Perkembangan iPod generasi pertama berlanjut ke beberapa versi berikutnya. Hampir setiap tahun ada iPod baru yang meluncur ke pasaran. Setiap versinya punya target pengguna yang cukup mudah dibedakan dan hadir dalam beragam keistimewaan.

Mulai dari iPod Mini yang berukuran lebih kecil namun masih dalam layar monochrome, iPod Nano yang sudah menggunakan tampilan penuh warna dan flash memory. Lalu ada iPod Shuffle yang tidak menggunakan layar, hingga iPod Classic yang mendukung kapasitas penyimpanan hingga 160GB.

Terakhir adalah iPod Touch yang menggunakan iOS dan satu-satunya yang masih dijual hingga sekarang. Ya, Apple sudah menutup produksi iPod Nano dan iPod Shuffle sejak tahun 2017.

Editor : Bagus Hernawan

Latest