Follow Us

Review Grimvalor, Sebuah ‘Dark Souls’ Untuk Ponsel

Alexius Aditya - Kamis, 01 November 2018 | 11:00
Review Grimvalor, Sebuah ‘Dark Souls’ Untuk Ponsel

Saya tidak tahu apa yang terjadi di App Store belakangan ini, tapi yang jelas, saya menyukai dan mendukung datangnya tren baru tersebut. Sadar atau tidak, belakangan ini begitu banyak game premium yang keren dengan kualitas tinggi bertebaran di App Store. Mulai dari game AR, puzzle, balap, sampai kali ini, game aksi yang mendapat giliran untuk bersinar. Grimvalor adalah sebuah game platformer aksi yang tidak kalah fantastis, yang masuk pada sederetan game keren yang hadir di App Store tadi.

Dunia Gelap Grimvalor

Hal pertama yang akan kamu lihat pada saat bermain Grimvalor untuk pertama kalinya adalah visualnya yang gelap nan cantik. Latar belakang Grimvalor digambarkan ada pada sebuah dungeon yang ada di bawah tanah, sehingga wajar jika bukan sinar yang akan menghiasi sebagian besar dari permainan, tapi kegelapan.

Visual tersebut tentunya hadir untuk mendukung segi cerita yang digambarkan sebagai sebuah fantasi gelap. Dimana kamu akan melawan banyak sekali monster yang hadir dan siap untuk membunuhmu kapan saja, dimana saja. Datangnya musuh yang tidak berhenti ini membuatmu harus tetap waspada dan siaga kapan saja. Jika tidak, tentu nyawa taruhannya. Grimvalor cukup pemaaf, dengan tidak adanya sistem skor, kamu bebas untuk mati berapa kali pun, namun tentu dalam sebuah petualangan, hal itu sebisa mungkin harus dihindari bukan?

Terasa Seperti ‘Dark Soul’

Jika gamer di PC memiliki Dark Soul, maka bisa saya katakan, Grimvalor adalah Dark Soul versi ponsel yang siap untuk menghancurkanmu berkeping-keping. Hal ini mungkin tidak terlalu terasa pada awal permainan. Sejumlah bos di awal bisa dihancurkan dalam waktu relatif cepat. Namun ternyata hal tersebut hanyalah sebagai perkenalan awal saja. Setelah karaktermu tumbuh menjadi lebih kuat, bos yang hadir benar-benar akan memaksa karaktermu untuk berjuang mengalahkannya. Pertarungan bos ini adalah gabungan dari tes yang memastikan bahwa kamu pantas untuk berada di dunia Grimvalor.

Alasan yang sama mungkin ada dibalik sistem RPG yang disematkan pada karakter. Pada Grimvalor, kamu dibebaskan untuk bisa membuat karakter sesuai dengan gaya permainanmu sendiri. Lebih suka bermain secara aman? Maka kamu bisa membuat karakter yang bisa bergerak cepat dengan konsekuensi mempunyai serangan yang lemah. Begitu juga sebaliknya. Jika kamu lebih suka mempunyai serangan yang besar, maka jelas, kamu harus mengorbankan sisi lain dari karaktermu. Pada Grimvalor, semua itu menjadi opsi yang sangat mungkin untuk dilakukan.

Responsif, Cepat, dan Bekerja Sempurna

Jika game ini begitu sulit dan menantang, dengan visual cantik yang mengagumkan, maka tinggal satu yang harusnya bisa hadir untuk melengkapi, yaitu kendalinya. Dan saya katakan, kamu tidak perlu khawatir soal yang ini. Kendali adalah satu hal yang menjadi kekhawatiran saya ketika membuka Grimvalor untuk pertama kalinya dan kenyataannya, Grimvalor bisa mewujudkannya dengan sangat baik.

Grimvalor merupakan game aksi dengan musuh yang menakutkan. Kesalahan yang terjadi bisa membuat karaktermu mati seketika jika kamu tidak cukup berhati-hati. Maka kendali yang responsif jelas menjadi prioritas. Pengembang nampaknya sangat memperhatikan hal tersebut, sehingga mereka bisa menyematkan kendali sederhana yang bisa membuat karaktemu untuk tetap bergerak cepat di segala situasi. Kendali ketukan, menggeser, dan menahan layar disematkan dan berhasil membuat kendali yang sederhana menjadi kaya saat diimplementasikan.

Baca Juga:

Kesimpulan

Kekuatan dari Grimvalor yang utama terletak pada kendalinya yang berhasil dibuat sederhana, namun cukup untuk meliputi semua segi yang dibutuhkan oleh sebuah game aksi platformer. Dari mulai aksi kecil seperti melompat dari satu dinding ke dinding yang lain, sampai hal brutal seperti menghajar musuh di udara setelah melaju cepat ke arah mereka dan membawanya keatas. Hal ini bisa dilakukan dengan baik dan sangat responsif.

Editor : Alexius Aditya

Latest