Apa Itu iPhone Certified Refurbished? Ini Tips Sebelum Membelinya

Rabu, 11 Oktober 2023 | 09:49

Makemac.com - Apakah kamu mengenal produk iPhone Certified Refurbished yang dijual oleh Apple di Apple Online Store?

Produk ini dikenal lebih murah dibandingkan iPhone versi retail yang biasa kamu beli di Apple Store atau toko resmi lainnya.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas seputar iPhone Certified Refurbished yang dijual oleh Apple dan beberapa pertanyaan yang biasa diberikan oleh calon pembeli.

1. Apa itu iPhone Certified Refurbished?

iPhone Certified Refurbished adalah produk iPhone bekas yang diterima oleh Apple dari pengguna. Misalkan karena pengajuan klaim garansi atau lainnya.

Produk ini akan diperbaiki, diuji coba ulang dan mendapatkan beberapa suku cadang baru yang diperlukan, untuk kembali dijual dengan standar iPhone Certified Refurbished.

Suku cadang yang dipastikan baru adalah baterai dan bodi bagian luar. Aksesoris seperti earphone, kabel data , USB Wall Adapter juga baru.

Sedangkan box yang digunakan akan menggunakan desain putih polos sebagai ciri utama iPhone Certified Refurbished.

2. Di Mana Bisa Membeli Certified Refurbished?

Produk iPhone Certified Refurbished secara resmi hanya dijual di laman Apple Online Store pada bagian Refurbhised Shop di negara yang mendukung.

Selain iPhone, ada juga produk Apple Certified Refurbished lain seperti Mac, Apple Watch, HomePod dan Apple TV yang menggunakan sistem serupa.

3. Perbedaan iPhone Certified Refurbished dan iPhone Pada Umumnya

Perbedaan iPhone Certified Refurbished dan iPhone baru pada umumnya yang paling nampak adalah kemasan putih polos dan harganya yang lebih murah.

Sedangkan untuk fisik dan kelengkapannya, bisa dipastikan sama dengan produk iPhone yang biasa kamu beli di Apple Store atau Apple Authorized Reseller.

Produk iPhone Certified Refurbished biasanya hanya tersedia dalam vers iPhone yang beberapa tahun lalu telah dirilis oleh Apple.

Misalkan untuk tahun 2019, Apple pasti sudah tidak menjual iPhone Certified Refurbished dalam model iPhone 4s, iPhone 5 dan versi yang sangat lawas lainnya.

Ciri berikutnya dari iPhone Certified Refurbished adalah menggunakan Model Number yang berbeda dengan iPhone versi retail.

Kamu bisa mengecek Model Number di bagian Settings - General - About.

iPhone Certified Refurbished akan menggunakan Model Number dengan awalan F. Sedangkan produk baru menggunakan awalan M, lalu produk Replacement Unit menggunakan awalan P.

Baca Juga: Cara Mengecek iPhone Baru, Refurbished atau Replacement Unit

4. Garansi iPhone Certified Refurbished

Bagaimana dengan garansi iPhone Certified Refurbished?

Sama dengan iPhone baru lainnya, produk iPhone Certified Refurbished dijual dengan garansi 1 tahun resmi dari Apple.

Bahkan kamu juga bisa membeli layanan AppleCare untuk menambah jangka waktu garansi produk iPhone Certified Refurbished atau Mac Certified Refurbished.

Baca Juga: Berikut Adalah Mitos yang Salah Dalam Menggunakan iPhone, Perhatikan

5. Apakah iPhone Certified Refurbished Dijual di Indonesia?

Karena di Indonesia belum mendukung penjualan produk Apple lewat Apple Online Store, secara resmi produk iPhone Certified Refurbished tidak dijual di Indonesia.

Kamu juga harus berhati-hati jika menemukan penjual yang mengaku memilki iPhone Certified Refurbished dalam jumlah banyak atau hal menggiurkan lainnya.

Karena di laman Apple Refurbished Shop saja, produk iPhone Certified Refurbished cukup jarang tersedia atau jumlahnya sangat terbatas.

6. Berapa Harga iPhone Certified Refurbished?

Harga iPhone Certified Refurbished atau produk Apple Certified Refurbished lainnya, biasa dijual dengan harga lebih murah sekitar 5% hingga 12% dari versi iPhone retail.

Contohnya untuk iPhone X 64GB yang normalnya dijual dengan harga $899, versi Certified Refurbished akan mendapatkan harga $769 (lebih murah $130).

Contoh lain adalah iPhone 7 Plus 32GB dengan harga normal $569, di versi Certified Refurbished mendapatkan diskon $90 menjadi $479.

Melihat harga tersebut, kamu harus hati-hati dan curiga jika ada penjual yang mengaku memiliki iPhone Certified Refurbished dengan selisih harga jauh lebih murah dari harga milik Apple.

Baca Juga: 3 Langkah Memperbaiki Masalah ‘This accessory may not be supported’

7. Hindari Membeli iPhone Certified Refurbished, Kalau…

iPhone 8

Berikut ini alasan untuk tidak membeli iPhone Certified Refurbished:

  • Indonesia belum mendukung pembelian Apple Online Store, satu-satunya tempat resmi untuk membeli iPhone Certified Refurbished.
  • Harga iPhone Certified Refurbished tidak terpaut sangat jauh dengan produk iPhone baru. Lebih baik menabung sedikit lagi untuk mendapatkan barang yang sama dan dibeli di toko resmi atau pihak ketiga yang terpercaya.
  • Produk iPhone Certified Refurbished dijual dengan jumlah sangat terbatas.
  • Saat ini banyak sekali iPhone bekas yang dikemas ulang oleh penjual atau teknisi nakal dan seolah-olah menyerupai iPhone Certified Refurbished atau biasa disebut iPhone rekondisi abal-abal.
Apakah kamu punya pengalaman membeli iPhone Certified Refurbished? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : optimization

Baca Lainnya