Follow Us

5 Tips Memilih Earphone Nirkabel untuk Pengguna iPhone

Bagus Hernawan - Selasa, 27 November 2018 | 13:49
AirPods

AirPods

Apple menghapus port Headphone Jack di perangkat iPhone sejak generasi iPhone 7. Kesempatan ini digunakan oleh beragam produsen audio untuk membuat earphone nirkabel yang semakin serius dan mengincar para pengguna iPhone.

Tim MakeMac sudah mencoba beberapa earphone nirkabel dan ingn mengajak kamu untuk beralihke aksesoris tersebut.

Apa saja pertimbangan penting yang harus kamu tahu sebelum berburu earphone nirkabel untuk iPhone? Simak info lengkapnya!

1. Tipe Earphone Nirkabel

Jabra Elite 65e

Jabra Elite 65e

Secara mendasar, earphone dibagi menjadi 2 tipe yaitu earphone biasa atau IEM (In Ear Monitor).

Earphone biasa menggunakan bentuk bulat atau lainnya dan menempel di lubang telinga, dengan celah yang masih bisa membuat suara dari luar masuk saat kamu mendengarkan musik.

Sedangkan IEM menggunakan eartips, biasanya berupa karet silikon untuk menempel dan menyumbat lubang telinga. Earphone dengan tipe IEM biasanya lebih kedap dan cocok untuk kamu yang butuh fokus dalam mendengarkan musik.

Saya pribadi lebih suka menggunakan IEM daripada earphone biasa. Karena saat mendengarkan musik, saya ingin “terbebas” dari dunia sekitar dengan mengggunakan eartips yang dapat mengurangi suara masuk dari luar.

Bagaimana dengan kamu, pilih tipe earphone atau IEM?

2. Tanpa Kabel atau Minim Kabel?

Produk earphone nirkabel bukan berarti 100% tanpa kabel. Beberapa produk earphone nirkabel masih tetap dijual dengan adanya kabel, namun lebih minimalis dibandingkan earphone kabel.

Earphone nirkabel dengan tipe minim kabel biasanya menggunakan bagian kabel untuk fitur tambahan seperti remote, pengait di daun telinga, port charging dan pastinya tempat menyimpan baterai.

Sedangkan yang menggunkan tipe tanpa kabel, biasanya menggunakan sistem port charging di dalam kotak penyimpanan. Misalkan produk AirPods atau Jabra Elite 65+ yang pernah tim MakeMac review.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest