Follow Us

Waze, Apple Maps dan Sejarah Perayaan 'Tim Cook Day'

Bagus Hernawan - Kamis, 20 Desember 2018 | 11:50
Waze

Waze

Sering menggunakan Waze sebagai aplikasi navigasi? Tahukah kamu bahwa di kantor Waze, setiap tahunnya mereka merayakan ‘Tim Cook Day’ ? Hal ini disampaikan Noam Bardin, CEO Waze dalam wawancara bersama Business Insider.

Tradisi ini bisa terjadi karena Apple merilis Apple Maps di tahun 2012.

Saat itu aplikasi navigasi buatan Apple masih sangat payah, banyak kendala dan menyulitkan pengguna. Secara singkat, Tim Cook selaku CEO Apple langsung meminta maaf dalam sebuah catatan.

Selain meminta maaf, Tim Cook juga menjelaskan beberapa aplikasi navigasi lain yang dapat digunakan oleh pengguna iPhone sebagai alternatif Apple Maps.

Yaitu Bing, MapQuest dan Waze. Karena disebut oleh Tim Cook dalam catatan tersebut, nama Waze menjadi sangat dikenal dan mendapatkan peningkatan jumlah pengguna secara signifikan.

“You can try alternatives by downloading map apps from the App Store like Bing, MapQuest and Waze, or use Google or Nokia maps by going to their websites and creating an icon on your home screen to their web app.”

Baca Juga: Google Segera Tutup Google+ Karena Masalah Celah Keamanan

Hari tersebut dikenang oleh tim Waze sebagai ‘Tim Cook Day’ dan diperingati setiap tahunnya.

Pencapaian paling besar dari Waze setelah itu adalajh diakuisisi oleh Google. Tepatnya di tahun 2012, Waze dibeli oleh Google dengan nominal $1 miliar dan terus dikembangkan hingga sekarang.

Aplikasi Waze berbasis navigasi dan menggunakan gaya sosial media. Setiap pengguna Waze dapat saling melaporkan kejadian terkait lalu lintas secara real-time dan saling terhubung ke pengguna lain.

Bahkan Waze termasuk salah satu aplikasi navigasi yang memiliki fitur voice over sangat lengkap. Beberapa artis pernah bekerjasama dengan Waze untuk menjadi pengisi suara navigasi di aplikasi tersebut. Mulai dari Morgan Freeman, Liam Neeson, dan lain sebagainya.

Download Waze

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest