Follow Us

Apple Siapkan Teknologi Aplikasi Universal untuk iPhone, iPad dan Mac di 2021

Bagus Hernawan - Kamis, 21 Februari 2019 | 09:53
Apple Siapkan Teknologi Aplikasi Universal untuk iPhone, iPad dan Mac di 2021

Apple kabarnya sedang mempersiapkan teknologi yang dapat membantu pengembang dapat membuat aplikasi universal, kode program yang dibuat dapat berjalan di Mac, iPhone dan iPad.

Proyek ini menggunakan nama kode “Marzipan” dan kabarnya akan dirlis pada tahun 2021.

Namun dalam perjalanannya, kabarnya Apple akan merilis teknologi ini dalam versi awal di WWDC 2019.

Yaitu paket SDK untuk membantu pengembang aplikasi di iPad melakukan porting aplikasi ke perangkat Mac.

Rencana lanjutannya adalah melakukan hal serupa di tahun 2020 namun untuk perangkat iPhone ke Mac. Sehingga di tahun 2021, “Marzipan” sudah dalam tahap final alias metode aplikasi universal untuk Mac, iPhone dan iPad.

By 2021, developers will be able to merge iPhone, iPad, and Mac applications into one app or what is known as a “single binary.” This means developers won’t have to submit their work to different Apple App Stores, allowing iOS apps to be downloaded directly from Mac computers – effectively combining the stores.

Baca Juga : Bocoran Tanggal WWDC 2019: 3-7 Juni di San Jose

Apple sebetulnya sudah menunjukkan teknologi tersebut dan digunakan di beberapa aplikasi bawaan untuk macOS Mojave pada WWDC 2018.

Yaitu di aplikasi Apple News, Calculator dan juga Stocks.

Namun tidak ada keterangan mengenai kehadiran SDK tersebut untuk pengembang umum hingga acara selesai berlangsung.

Jika rumor di atas benar yaitu kehadiran teknologi aplikasi universal, para pengembang aplikasi akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Karena mereka cukup mengerjakan sebuah aplikasi saja dan bisa dibawa ke produk Apple lainnya, tanpa membuat kode program dari awal.

Bloomberg sebagai laman sumber berita menjelaskan contohnya seperti aplikasi Netflix for Mac yang bisa diambil dari porting aplikasi iPad.

Atau mungkin Twitter for iOS yang bisa segera kembali tersedia di komputer Mac.

Bagaimana tanggapan kamu dengan rumor teknologi “Marzipan” yang akan dimulai Apple pada tahun 2019? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest