Follow Us

COO Apple Jeff Williams Jelaskan Harga iPhone yang Dianggap Terlalu Mahal

Bagus Hernawan - Senin, 25 Februari 2019 | 15:27
COO Apple Jeff Williams Jelaskan Harga iPhone yang Dianggap Terlalu Mahal

Jeff Williams, Chief Operating Officer di Apple, beberapa hari lalu mengisi sebuah acara di Elon University, North Carolina, Amerika Serikat.

Jeff banyak bercerita tentang karir dan inovasi terbaik yang ada di Apple selama 20 tahun. Namun dalam sebuah sesi tanya jawab, Jeff mendapatkan sebuah pertanyaan yang menarik.

Salah satu pelajar di Elon University bertanya seputar harga iPhone yang menurutnya sekarang sangat mahal.

Siswa tersebut menjelaskan catatann dari prediksi analis seputar biaya perakitan iPhone X yang hanya sekitar $370 namun Apple memberikan harga jual $999.

Jeff Williams menjelaskan bahwa analis tidak benar-benar mengerti seputar biaya dan setiap upaya yang dikeluarkan Apple untuk menciptakan sebuah produk.

“The stories that come out about the cost of our products [have been] the bane of my existence from the beginning of time, including our early days,” Williams said. “Analysts don’t really understand the cost of what we do and how much care we put into making our products.”

Baca Juga: Harga Komponen iPhone Xs Max Hanya Sekitar $443

Sebelum menjabat COO, Jeff termasuk salah satu tim inti dari pengembangan Apple Watch sejak generasi pertama.

Jeff menjelaskan bahwa Apple tidak ingin sekedar membuat smartwatch yang dapat mencatat aktivitas sehari-hari dengan beragam sensor canggih tanpa uji coba yang lengkap.

Sehingga pengujian awal, Apple menggunakan sebuah lab fisiologi khusus.

Lab ini mempekerjakan 40 perawat dan 10 ribu peserta hanya untuk mempelajari cara terbaik mengukur kalori yang terbakar saat berolahraga.

Kini Apple Watch juga menjadi salah satu smartwatch pertama yang sudah memiliki fitur EKG untuk merengkam detak jantung, kapan saja saat diperlukan.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest