Follow Us

TSMC Siap Adopsi Teknologi Chip 5nm untuk iPhone Tahun Depan

Bagus Hernawan - Senin, 25 Februari 2019 | 18:10
TSMC Siap Adopsi Teknologi Chip 5nm untuk iPhone Tahun Depan

TSMC kabarnya sedang bersiap dengan teknologi baru untuk fabrikasi chip smartphone berukuran 5nm.

Teknologi ini kabarnya dipersiapkan untuk menghadapi pesanan Apple untuk produk iPhone tahun 2020.

Langkah tersebut harus segera dilakukan TSMC agar mereka dapat menjadi penyuplai chip Apple A series satu-satunya, seperti di perangkat iPhone sebelumnya.

Despite its dim business and industry outlook this year, TSMC claimed it is making progress in the development of sub–7nm process technologies with plans to move a newer 5nm EUV process to volume production by 2020 well on track.

Baca Juga: TSMC Produksi Chip Apple A13 dengan Ukuran 7nm

Lantas bagaimana dengan iPhone di tahun 2019? Kabarnya Apple akan tetap menggunakan ukuran fabrikasi 7nm sama seperti di Apple A12 tahun lalu.

Namun ada teknologi baru yang digunakan yaitu EUV (Extreme Ultraviolet Lithography), memungkinkan proses pelapisan chip yang lebih mikroskopis.

Masih dikutip dari laman sumber, pabrikan asal Taiwan ini memang fokus membuat chip processor yang semakin kecil secara berkala.

Hal tersebut membuat TSMC menjadi penyuplai satu-satunya untuk CPU Apple A series sejak Apple A10 di produk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hingga Apple A12.

Kini TSMC juga disebut lebih unggul dari pabrikan lain seperti Intel dan Samsung karena berhasil menggunakan teknologi terbaru di setiap tahunnya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest