Follow Us

(iOS 13) 3D Touch Akhirnya Mulai Ditinggalkan, Beralih ke Haptic Touch

Bagus Hernawan - Sabtu, 08 Juni 2019 | 11:13
Haptic Touch di iPhone SE dengan iOS 13

Haptic Touch di iPhone SE dengan iOS 13

Dari update iOS 13 Developer Beta 1 yang tim MakeMac uji, membuktikan bahwa Apple mulai meninggalkan teknologi 3D Touch.

Kini semua perangkat iPhone yang menggunakan 3D Touch, mulai dari iPhone 6s hingga iPhone XS Max yang sudah berada di iOS 13, tidak akan merasakan sensasi tekan kuat dan tahan di layar seperti sebelumnya.

Mode 3D Touch resmi digantikan ke Haptic Touch pada iOS 13. Fitur Haptic Touch ini juga diberikan untuk semua jenis perangkat iOS yang mendukung iOS 13, termasuk iPhone SE dan semua perangkat iPad lewat iPadOS 13.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Dark Mode di iOS 13

Terbukti di fitur Home Screen Quick Action, mode 3D Touch sudah saya matikan di iPhone XS dan tetap bisa melakukan Quick Action.

Hal yang sama juga dapat dilakukan di iPhone SE yang notabene tidak punya pengaturan 3D Touch.

Bedanya adalah sensasi 3D Touch yang biasanya berupa tekan layar cukup kuat dan tahan, kini di iOS 13 (dengan Haptic Touch) berubah menjadi tekan layar dalam durasi beberapa detik lalu lepas. Baru setelah itu Quick Action di Home Screen akan tampil misalnya.

Baca Juga: Kini, Download Aplikasi di App Store Gunakan Data Selular Tak Dibatasi

Haptic Touch di iPadOS 13

Haptic Touch di iPadOS 13

Penggantian 3D Touch ke Haptic Touch juga berlaku untuk beragam fitur lainnya di iOS 13. Mulai dari Peek and Pop, akses Rich Notification dan delete semua notifikasi serta akses preview tautan.

Namun menurut 9To5Mac, satu-satunya bagian yang masih menggunakan sensasi 3D Touch di iPhone adalah Locksscreen dengan simbol Camera dan Flashlight.

Kamu masih bisa menggunakan mode tekan layar dengan kuat dan akses cepat menuju kedua fitur ini.

Teknologi 3D Touch memang sudah lama dirumorkan akan pensiun. Teknologi ini menggunakan sensor perangkat keras khusus di layar dan membuat Apple tidak bisa menekan harga perakitan iPhone.

Jika sesuai dengan rumor sebelumnya, Apple akan merilis iPhone baru di tahun 2019 yang tidak lagi menggunakan 3D Touch.

Bagaimana menurut pendapat kamu mengenai 3D Touch yang segera pensiun? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest