Follow Us

Ming-Chi Kuo: Desain Keyboard Baru di MacBook Air 2019 dan MacBook Pro 2020

Bagus Hernawan - Kamis, 04 Juli 2019 | 15:58
Butterfly Keyboard di MacBook Pro

Butterfly Keyboard di MacBook Pro

Ming-Chi Kuo, pengamat Apple yang sering membagikan beberapa predikisi punya catatan baru.

Kabarnya Apple akan merilis MacBook Air 2019 dan MacBook Pro di tahun 2020 dengan desain keyboard baru.

Selama 4 tahun ini Apple sudah menggunakan desain Butterfly Keyboard yang mengalami perubahan hingga 3x, namun masih tetap mengecewakan para pengguna.

Sehingga dalam catatan terbaru dari Kuo, kabarnya Apple akan kembali mengggunakan desain scissor switch keyboard.

Meskipun menggunakan scissor switch seperti keyboard komputer pada umumnya, desain terbaru dari Apple ini akan memiliki sejumlah perbedaan di bagian detailnya.

Dikutip dari 9To5Mac, salah satunya adalah penggunaan serat kaca untuk memperkuat bagian kunci tuts keyboard.

The new scissor switch keyboard is a whole new design than anything previously seen in a MacBook, purportedly featuring glass fiber to reinforce the keys.

Baca Juga: MacBook Pro 2019 Masih Gunakan Butterlfy Keyboard Generasi 3 Dengan Material Baru

Kuo juga mengatakan bahwa Butterfly Keyboard punya biaya manufaktur yang mahal. Sedangkan mekanisme keyboard baru nanti akan jauh lebih murah namun tetap di atas biaya manufaktur keyboard pada umumnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple sudah menggunakan Butterfly Keyboard sejak MacBook 12 inci tahun 2015 dan MacBook Pro Touch Bar tahun 2016.

Keduanya menggunakan desain Butterfly Keyboard generasi pertama yang sering macet karena debu, tuts seperti menekan berkali-kali dan membuat para pengguna frustasi.

Apple memberikan perbaikan di MacBook Pro 2017 dengan Butterfly Keyboard generasi kedua namun nasibnya tidak jauh berbeda.

Perubahan signifikan terjadi di Butterfly Keyboard generasi ketiga pada MacBook Pro 2018 karena penambahan karet pelindung dari debu.

Namun Apple tetap memberikan penyempurnaan dari teknologi ini di Butterfly Keyboard untuk MacBook Pro 2019.

Meskipun begitu, Apple sekarang membuka Keyboard Service Program untuk MacBook, MacBook Pro dan MacBook Pro yang semuanya menggunakan Butterfly Keyboard.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest