Follow Us

7 Detail Wajib Tahu Seputar Rencana Blokir IMEI Ponsel Black Market

Bagus Hernawan - Senin, 15 Juli 2019 | 15:42
iPhone XS Max

iPhone XS Max

Sebulan ini ramai diberitakan bahwa pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan aturan baru yaitu blokir ponsel Black Market berdasarkan IMEI.

Tim MakeMac telah mengumpulkan sejumlah informasi penting yang wajib kamu tahu seputar wacana tersebut. Silakan simak info lengkapnya berikut ini dari berbagai sumber.

1. Wacana Blokir IMEI untuk Ponsel Black Market di Indonesia

ZDNet

Selama beberapa tahun ini memang sudah berhembus wacana mengenai aturan dari pemerintah Indonesia untuk menekan peredaran ponsel Black Market.

Ponsel Black Market yang dimaksud adalah ponsel yang dibeli dari luar negeri, dibeli di dalam negeri namun tidak membayar pajak, atau tidak menggunakan jalur distributor resmi.

Kabarnya cara blokir yang akan dilakukan adalah menggunakan identitas nomor IMEI yang ada di ponsel. Karena data IMEI adalah nomor unik yang antar perangkat pasti menggunakan nomor berbeda.

2. Apa Itu IMEI?

Cara melihat IMEI di iPhone

Cara melihat IMEI di iPhone

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas khusus untuk setiap perangkat ponsel atau gadget elektronik yang dapat menggunakan sim card dengan tipe GSM.

Contoh paling mudah di jajaran produk Apple adalah iPhone dan iPad (LTE + Wi-Fi).

Perangkat Apple Watch juga sebetulnya memiliki IMEI namun hanyak untuk edisi dan tipe Apple Watch Series 3 (GPS + Cellular) dan Apple Watch Series 4 (GPS + Cellular), kedunya tidak dijual di Indonesia.

3. Ada Tiga Kementerian yang Bekerjasama

iPhone XR

iPhone XR

Dikutip dari CNN Indonesia, ada 3 kementrian yang akan bekerja sama dalam mewujudkan rencana peraturan blokir IMEI untuk ponsel Black Market di Indonesia.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular