Forbes telah merilis ‘The Most Valuable Brands’ di dunia tahun 2019.
Posisi pertama, dihuni oleh perusahaan yang telah lama meraih gelar tersebut, Apple.
Dengan gelar ini, Apple menjadi brand dengan nilai terbaik di dunia selama 9 tahun terakhir versi Forbes.
Baca Juga: Dikalahkan Spotify, Apple Music Tak Lagi Memimpin Survey Brand Intimacy
Mengutip Forbes, Google berada di posisi kedua mengekor tepat di belakang Apple, dan Microsoft berada di posisi ketiga.
Sedangkan perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat, Amazon, justru berada di posisi ke-empat menurut riset Forbes.
Apple 9 tahun terakhir terus berada di puncak riset, dengan nilai brand tahun 2019 ini mencapai $205,5 miliar atau naik sekitar 12 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.
Namun, perlu dicatat, Apple meraih gelar tersebut karena brand atau merk, bukan nilai perusahaannya.
Sebab bila melihat perusahaan dengan nilai tertinggi, menurut CNN, jatuh kepada Amazon, mengalahkan Apple pada 2019 ini.
Apple masih menjadi perusahaan dengan nilai tertinggi pada 2018 silam.
Tetapi, apa yang membuat brand Apple menjadi begitu berharga?