Follow Us

Telkom Ungkap Alasan Masih Blokir Netflix di Indonesia Hingga 4 Tahun

Bagus Hernawan - Senin, 20 Januari 2020 | 11:12
netflix

netflix

Tanggal 7 Januari 2016 menjadi hari pertama layanan Netflix mulai mendukung negara Indonesia.

Namun tidak lama setelah tanggal tersebut, Telkom sebagai salah satu penyedia ISP di Indonesia memblokir akses ke layanan Netflix melalui Telkomsel dan Indihome.

Apa alasan grup Telkom memberikan blokir untuk Netflix?

Dikutip dari Kompas Tekno, Faizal Djoemadi selaku Direktur Bisnis Digital Telkom Indonesia beberapa hari lalu telah memberikan penjelasan terkait hal ini.

Faizal Djoemadi mengatakan bahwa Telkom tidak bermaksud memandang Netlfix sebagai “anak tiri” jika dibandingkan layanan serupa lainnya di Indonesia (iFlix, Hooq, dan lainnya).

“Semua pemain over the top (OTT) diperlakukan sama, tanpa pengecualian, pun dengan Netflix,” kata Faizal.

Namun Faizal juga menjelaskan bahwa masih ada sebuah masalah antara Netflix dan Telkom yang belum menemukan kesepakatan.

Disebutkan bahwa Netflix enggan memenuhi permintaan Telkom untuk menarik konten jika dinyatakan bermasalah dalam 24 jam.

“Tapi, Netflix tidak mau memenuhi satu persyaratan itu, yakni menarik konten bermasalah dalam 24 jam,” jelas Faizal dalam sebuah wawancara dengan KRAsia, dikutip KompasTekno, Jumat (17/1/2020).

Baca Juga: Netflix Indonesia Mendukung Langganan Paket Ponsel, 49 Ribu Saja!

Hal tersebut yang menjadi alasan utama memblokir Netflix sejak 2016 hingga saat ini.

Dian Rachmawan selaku Direktur Consumer PT Telekomunikasi Indonesia Tbk juga menambahkan alasan lain dari pemblokiran Netflix di Indonesia.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular