Follow Us

Terlalu Agresif, Promosi Layanan Berlangganan Apple Disebut 'Adware'

Bagus Hernawan - Rabu, 19 Februari 2020 | 13:30
Apple Music
MakeMac

Apple Music

Semenjak jumlah penjualan produk iPhone mengalami penurunan, Apple terlihat mengganti strategi mereka untuk meningkatkan pendapatan.

Yaitu mendorong layanan berlangganan yang mereka miliki.

Tercatat di tahun 2019, Apple telah merilis sejumlah layanan berlangganan. Mulai dari Apple News+, Apple TV+, Apple Arcade dan juga Apple Card.

Sebelumnya juga sudah ada layanan lain yang hadir duluan. Yaitu Apple Music, iCloud Storage dan juga AppleCare.

Kini di iOS 13, kamu bisa menemukan semua layanan berlangganan tersebut.

Bahkan karena begitu banyak dan tersebar serta terintegrasi dalam sistem operasi, sejumlah pengguna merasa bahwa ini sangat mengganggu.

Salah satunya adalah Steve Streza, seorang pengembang aplikasi yang membuat catatan baru di blog pribadinya.

Menurut Steve Streza, tampilan iklan atau ajakan untuk menggunakan layanan berlangganan dari Apple sudah sangat mengganggu.

Promosi langganan Apple Music

Promosi langganan Apple Music

Bahkan lebih menyebalkan lagi, tampilan tersebut tidak bisa dihentikan atau dihapus kecuali kamu memutuskan untuk berlangganan.

Karena hal tersebut, Steve Streza merasa bahwa promosi atau iklan ini sangat berlebihan dan menyebutnya sebagai ‘Adware’.

Dalam catatannya, Steve membagikan semua tampilan iklan layanan berlangganan Apple di iOS 13.

Baca Juga: Notifikasi Perpanjang Langganan di App Store Akhirnya Bisa Dimatikan

Mulai dari Apple Music yang terus mengajak kamu berlangganan jika menekan tab For You.

Bahkan di bagian Browse, kamu bisa sesekali mendapatkan tampilan iklan satu halaman penuh untuk ajakan berlangganan Apple Music.

Promosi berlangganan Apple Arcade

Promosi berlangganan Apple Arcade

Hal serupa juga dia temukan ketika mencoba beberapa fitur lain di aplikasi Music. Kecuali di bagian Radio, mode ini bisa dinikmati secara parsial tanpa gangguan iklan Apple Music.

Steve Streza selanjutnya menjelaskan tampilan promosi layanan berlangganan dari Apple pada aplikasi Apple TV+, Apple News+, Wallet untuk promosi Apple Card dan terakhir adalah Apple Arcade di App Store.

Tampilan yang paling mengganggu ada di Apple Music. Sedangkan Apple News+ menjadi yang paling sedikti mendapatkan penjelasan. Kamu dapat menyimak penjelasan lengkapnya di halaman ini.

Akhir Kata

Apple memang punya keistimewaan untuk terus mempromosikan layanan berlangganan mereka di beragam aplikasi bawaan.

Hardware perangkat iOS, sistem operasi yang digunakan dan aplikasi bawaan yang disediakan, semua memang dibuat oleh Apple.

Namun dengan promosi yang ada saat ini, terasa sekali bahwa Apple ingin para penggunanya untuk berlangganan semua layanan tersebut, demi menikmati semua fitur di iOS 13 secara lengkap.

Apakah kamu setuju dengan opini dari Steve Streza? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest