Follow Us

WhatsApp Kembangkan Enkripsi untuk Lindungi Backup Chat di iCloud

Gama Prabowo - Selasa, 09 Maret 2021 | 07:18
WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur keamanan berbasis enkripsi untuk menjamin keamanan backup chat di iCloud.

Melansir dari akun twitter @WABetaInfo, pengembangan fitur keamanan enkripsi backup chat Whatsapp di iCloud masih berada pada tahap awal.

Ketika fitur ini telah tersedia, pengguna dapat mengatur kata sandi yang bersifat pribadi tanpa seorangpun tau, bahkan pihak Whatsapp sendiri.

Fitur keamanan enkripsi ini bertujuan untuk melindungi database chat dan media yang tersimpan di iCloud dari kebocoran data personal.

Rencananya fitur keamanan enkripsi backup chat di cloud ini akan hadir di perangkat android dan iOS.

As previously announced, @WhatsApp is working on cloud backups encryption.The chat database and media will be safe from unauthorized access when using a password. The password is private and it's not sent to WhatsApp.It will be available in a future build for iOS and Android. pic.twitter.com/Lp06PaECBX

— WABetaInfo (@WABetaInfo) March 8, 2021

Baca Juga: Lama Ditunggu, WhatsApp Desktop Akhirnya Mendukung Video dan Voice Call

Saat ini, Whatsapp di perangkat iPhone telah mendukung fitur backup chat pengguna di iCloud.

Namun, chat dan media yang telah dibackup pengguna masih belum terlindungi oleh enkripsi end-to-end dari Whatsapp.

Sebenarnya, Apple telah menyediakan kunci enkripsi untuk melindungi iCloud, dan akan menyediakan seluruh data cadangan kepada pihak berwenang jika diminta.

Disisi lain, WhatsApp sepertinya menganggap hal ini merupakan sebuah celah dalam keamanan data backup chat di iCloud.

Whatsapp berusaha mengembangkan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna mengenkripsi dan mengatur kata sandi di history chat yang akan mereka backup di iCloud.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest