Follow Us

Ini Alasan Tim Cook Tolak Sistem Pembayaran Pihak Ketiga di App Store

Gama Prabowo - Rabu, 14 April 2021 | 09:02
Tim Cook
Apple

Tim Cook

Perseteruan antara Epic Games dan Apple membuat kita paham banyak hal tentang bagaimana industri teknologi raksasa bersaing dan menjaga eksistensi mereka.

Pada 12 April lalu, CEO Apple, Tim Cook berbicara dalam interview bersama Toronto Star tentang konflik Apple dengan Epic Games dan alasan Apple menolak sistem pembayaran pihak ketiga di App Store.

Tim Cook mengungkapkan bahwa App Store akan menjadi pasar loak atau flea market jika Apple mengijinkan developer untuk menawarkan sistem pembayaran mereka sendiri.

Dalam pernyataannya, Tim Cook juga menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan pengguna terhadap App Store akan turun secara drastis jika mengijinkan pihak ketiga untuk menerapkan sistem pembayaran mereka sendiri.

Hal tersebut cukup berbahaya bagi eksistensi App Store dan Apple.

Baca Juga: App Store Ramadan Favourites, Belasan Aplikasi untuk Ngabuburit!

Seperti yang kita ketahui bersama, Apple dan Epic Games terjerat konflik yang berkaitan dengan kebijakan sistem pembayaran pihak ketiga di App Store.

CEO Epic Games, Tim Sweeney mengatakan bahwa Apple telah bertindak sewenang-wenang terhadap pengembang aplikasi dengan penarikan biaya melalui kebijakannya.

Tim Sweeney juga menuduh bahwa kebijakan tersebut merupakan bagian dari monopoli Apple.

Pada akhirnya, Epic Games menuntut Apple ke pengadilan agar mereka mengijinkan platform pembayaran pihak ketiga beroperasi di App Store.

Baca Juga: Epic Games Ajukan Banding Agar Fortnite Bisa Kembali ke App Store

Hingga kini, persidangan antara Epic Games dan Apple masih terus berlangsung.

Tim Cook mengungkapkan bahwa ia yakin Apple akan memenangkan gugatannya terhadap Epic Games selama mampu mengkomunikasikan fakta dengan jelas.

Dalam interview dengan Toronto Star, Tim Cook juga mengungkapkan bahwa Apple ingin mengatur App Store demi kemanan dan kenyamanan seluruh penggunanya.

Bagaimana tanggapan kalian tentang pernyataan Tim Cook ini? Tulis di kolom komentar ya! (*)

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular