Follow Us

Riset Sebut Apple Watch Bisa Deteksi Efek Jangka Panjang Covid 19

Gama Prabowo - Kamis, 08 Juli 2021 | 19:00
Ilustrasi fitur ECG yang ada di Apple Watch
Apple.com

Ilustrasi fitur ECG yang ada di Apple Watch

Pandemi Covid-19 secara tidak langsung telah membuat peneliti mengeksplorasi fitur kesehatan di produk teknologi smartwatch, termasuk Apple Watch.

Sebuah makalah yang terbit di jurnal JAMA Network Open menyoroti bahwa perangkat wearable seperti Apple Watch dan Fitsbit bisa digunakan untuk mendeteksi efek jangka panjang Covid 19.

Berdasar makalah tersebut, Apple Watch bisa mengirim data tentang efek jangka pangjang Covid 19 kepada pengguna.

Baca Juga: Facebook Dikabarkan Segera Rilis Smartwatch untuk Saingi Apple Watch

Melansir dari New York Times (via 9to5mac), penemuan fungsi baru di Apple Watch ini berasal dari studi yang dinamakan dengan Digital Engagement and Tracking for Early Control and Treatment (DETECT).

DETECT dijalankan oleh ilmuwan Scripps Research Translational Institute di California.

Studi tersebut berlangsung sejak 25 Maret 2020 hingga 24 Januari 2021 dan melibatkan lebih dari 37.000 orang yang menggunakan Fitbits, Apple Watches,dan perangkat wearable lainnya.

Para peneliti DETECT pertama kali melaporkan pada bulan Oktober bahwa mengkombinasikan data dari Apple Watch dan Fitbit dengan gejala yang dilaporkan secara manual membuat deteksi Covid 19 lebih akurat.

Kemudian, para peneliti terus mengeksplorasi data dengan lebih detail dengan harapan menemukan fungsi yang bisa dioptimalisasi untuk dunia kesehatan.

Kini, para peneliti DETECT menemukan beberapa efek kesehatan jangka panjang dari Covid 19 yang disebut dengan 'long COVID'.

Awalnya, para peneliti berfokus pada data pengguna Fitbit yang menunjukan bahwa Fitbit dapat mendeteksi perubahan kesehatan jangka panjang.

Ahli Epidemiologi, Jennifer Radin menungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup besar antara detak jantung individu yang pernah terinfeksi Covid dibandingakan dengan infeksi virus lainnya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest