Follow Us

Inilah Beberapa Tips Ampuh Merawat Baterai Macbook Supaya Awet

Dok Grid - Rabu, 25 Oktober 2023 | 14:05
Baterai macbook
iFixit

Baterai macbook

Makemac - Beberapa waktu lalu sempat dibahas mengenai cara penggunaan dan perawatan battery MacBook di Twitter.

Jadi kali ini, saya akan menyusun semua informasi yang sudah dibagikan tersebut ke dalam sebuah panduan kecil sehingga dapat dibaca lagi kalau dibutuhkan. Tanpa basa basi lagi, let’s get into the topic.

Mitos Battery Lithium Ion (Li-ion)

Bagi sebagian orang yang belum mengenal battery Li-ion, berbagai mitos mengenai battery masih membuat orang-orang khawatir bahwa charge hanya boleh dilakukan ketika battery sudah mau habis. Sebagian besar mitos tersebut sebenarnya tidak berlaku untuk battery Li-ion.

  • Charge battery baru selama 8 jam adalah salah satu tips yang pernah saya berikan. Setelah research, ternyata hanyalah sebuah mitos. Battery Li-ion sudah dapat langsung digunakan tanpa melakukan charging 8 jam atau disebut juga priming. Jadi berhentilah memberikan saran seperti ini. Hanya battery nickel-based yang membutuhkan priming.
  • Charging hanya boleh dilakukan pada saat battery mendekati 0% tidak berlaku untuk battery Li-ion. Charging metode ini berguna untuk battery nickel-based dalam menjaga performa battery, tetapi tidak berlaku bagi battery Li-ion yang sudah dirancang fleksibe sehingga dapat dicharge kapan saja.
  • Melepaskan battery ketika menggunakan AC power menjaga kualitas battery adalah tidak pengaruh. Battery Li-ion memiliki sebuah sirkuit yang memonitor arus listrik ketika charging sehingga mencegah apa yang dikenal dengan nama overcharging. Mitos ini muncul karena kekurangan yang umumnya terdapat pada nickel-based battery.
  • Full discharge itu bagus atau menghabiskan battery sampai titik darah penghabisan. Battery Li-ion dirancang untuk selalu dalam keadaan berisi, dan kegiatan melakukan full discharge bisa menyebabkan kerusakan pada battery Li-ion.
  • Tidak boleh sering-sering charge malah menurunkan performa battery Li-ion. Sebaiknya battery Li-on sering digunakan. Minimal seminggu sekali untuk menjaga performanya tetap bagus.
Sumber: Apple, TeChatPlay, Kipre

Cycle Count dan Battery Health

Setiap battery memiliki jumlah charge yang terbatas yang dikenal dengan nama life cycle. MacBook White saya memiliki life cycle sebesar 300, hal ini berarti battery saya dirancang hanya untuk dicharge sebanyak 100% selama 300 kali. Sedikit membingungkan, tetapi baca terus untuk memahami.

Baca Juga: Ada 3 Cara Supaya Macbook Bisa Mengisi Baterai Lebih Cepat, Begini

Cycle count adalah jumlah cycle yang sudah digunakan. Pada saat ini cycle count saya sudah mencapai 800++, sebenarnya sudah melewati batas penggunaan.

Tetapi keputusan mengganti battery tidak selalu berdasarkan cycle count.

Menghitung cycle count tidaklah sulit. Misalnya kondisi battery sekarang adalah 30%, kemudian dicharge sampai 100%.

Kemudian battery tersebut digunakan sampai sisa 50%. Dan battery tesebut dicharge lagi sampai 100%.

Dengan demikian, charge yang dilakukan adalah 70% + 50% = 120%. Seperti yang sudah dijelaskan, satu cycle count adalah satu kali 100% charge. Sehingga battery tersebut baru mengalami 1.2 cycle.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular