Follow Us

5 Solusi Praktis Memperbaiki Aplikasi Yang Bermasalah di Mac

Sayz Lim - Senin, 12 Juni 2023 | 15:53
memperbaiki aplikasi bermasalah di mac

memperbaiki aplikasi bermasalah di mac

Makemac - Bagi yang sering membuka berita seputar OS X, mencoba dan memasang aplikasi yang menarik tentu saja cukup menyenangkan. Dengan mencoba sebuah aplikasi, apabila cocok, maka ia akan membuat Anda lebih betah lama-lama di depan Mac.

Salah satu kendala yang sering dialami adalah masalah dengan aplikasi yang baru terpasang. Kadangkala mereka tidak berjalan sesuai dengan harapan sehingga Anda akan mulai mencoba berbagai cara dan bertanya-tanya solusi terhadap masalah tersebut.

Cara Memperbaiki Aplikasi yang Bermasalah di Mac

Saya juga pernah mengalami hal serupa, dan tulisan ini akan menjelaskan langkah-langkah yang saya ambil ketika aplikasi tidak berjalan, seperti ini langkah-langkahnya:

Periksa Syarat Minimal Mac

Kebiasaan orang-orang adalah tidak membaca syarat minimum sebuah aplikasi. Tidak semua aplikasi dirancang untuk mendukung OS X versi lama, jadi dengan membaca syarat minimum, Anda tidak perlu menghabiskan bandwidth untuk download aplikasinya terlebih dahulu. Biasanya setiap situs akan mencantumkan syarat minimal seperti versi OS X dan ukuran aplikasi.

Jadi apabila sudah tahu aplikasi tersebut tidak didukung OS, maka mencoba cara apapun tidak akan membuatnya berjalan. Satu-satu cara adalah upgrade OS ke versi yang mendukung.

Jalankan Aplikasi Dalam Format 32-Bit

Kadang-kadang Anda perlu mengatur agar aplikasi berjalan dalam mode 32-bit. Hal ini umum terdapat pada aplikasi yang belum mendukung mode 64-bit di Mac OS X Lion ke atas.

memperbaiki aplikasi bermasalah di mac

memperbaiki aplikasi bermasalah di mac

Untuk menjalankan aplikasi dalam mode 32-bit, cukup cari aplikasi yang bersangkutan dan tampilkan informasi lengkap (Command+I) melalui Finder. Anda bisa menemukan pilihan in 32-bit di kolom General.

Timpa Aplikasi Rusak Dengan Yang Lengkap

Kemarin saya iseng-iseng mengubah isi Google Chrome dan menyebabkan aplikasinya tidak berjalan sama sekali. Atau mungkin Anda menggunakan sejenis optimizer yang membuat beberapa data di dalam aplikasi sehingga ia tidak lengkap. Jadi sebuah aplikasi bisa menjadi tidak bisa dibuka karena data dalam aplikasi tidak lengkap.

Menggunakan contoh kasus Google Chrome di atas, saya menggunakan Time Machine untuk mencari versi yang masih bekerja dan memindahkannya langsung ke folder Applications.

Bersihkan Caches Aplikasi

Untuk beberapa aplikasi, cache bisa menjadi sumber masalah yang terlihat. Biasanya berhubungan dengan teks atau gambar yang ditampilkan, misalnya iTunes.

cara memperbaiki aplikasi bermasalah di mac

cara memperbaiki aplikasi bermasalah di mac

Editor : Sayz Lim

Baca Lainnya

Latest