Follow Us

Selamat Ulang Tahun ke-10, iPhone! Ponsel Revolusioner yang Mengubah Dunia

Bagus Hernawan - Kamis, 29 Juni 2017 | 18:43
Selamat Ulang Tahun ke-10, iPhone! Ponsel Revolusioner yang Mengubah Dunia

Perangkat iPhone pertama kali resmi dijual pada tanggal 29 Juni 2007, tepat 10 tahun lalu. Dikenalkan sebagai ponsel pertama yang mengubah cara pandang dunia tentang ponsel dengan sensor multi touchscreen, iPhone terus menjadi produk revolusioner sejak 2007 hingga saat ini. Di ulang tahun yang ke–10, tim MakeMac akan membagikan sedikit cerita menarik mengenai iPhone generasi pertama tersebut.

Ide Awal dari Steve Jobs di 2005

Dari beberapa sumber berita yang tim MakeMac himpun, ide awal iPhone berasal dari buah pikiran Steve Jobs sejak tahun 2005. CEO Apple ini punya ide untuk membuat sebuah perangkat komputer dengan sensor layar sentuh yang tidak membutuhkan akses keyboard dan mouse secara fisik. Kurang lebih idenya adalah membuat sebuah komputer tablet yang mudah dibawa.

Akhirnya Steve Jobs membuat tim kecil untuk riset tersebut dan berakhir pada keputusan riset lebih lanjut – membuat ponsel. Tentunya dengan cita rasa desain dari Apple yang minimalis dan memikat siapa saja.

Tim kerja tersebut menggunakan nama Project Purple 2 dengan waktu riset yang panjang dan banyak pihak penting di dalamnya. Beberapa nama yang kamu pasti tahu adalah Scott Forstall, Jony Ive dan banyak lagi petinggi Apple pada jaman tersebut. Pada masa ini, rumor atau bocoran dari hasil kerja tim Apple belum seperti tahun 2017. Semuanya dikerjakan sangat tertutup, rahasia dan hanya menyisakan bocoran yang sangat sedikit kepada publik.

Dikenalkan Pada Awal 2007

Apple menggunakan ajang MacWorld Expo pada bulan Januari 2007 untuk mengenalkan iPhone pertama kali di dunia. Tiga bagian yang dijelaskan Steve Jobs adalah fungsinya sebagai pemutar musik (iPod), akses internet lewat peramban mobile (Safari) dan juga fungsi telepon. Desainnya dibuat sangat minimalis dengan sisi depan yang diisi dengan layar (panjang diagonal 3.5 inci), sebuah Home Button dan tombol tambahan di sisi samping yang masih kamu kenal hingga sekarang yaitu Volume Button, Mute Button dan juga Power Button. Rilisan awal iPhone ini juga hanya menggunakan kapasitas 4GB saja, terbilang sangat kecil untuk 10 tahun dari 2017, namun sebetulnya cukup lega pada masanya.

Bagi kamu yang belum tahu, iPhone generasi pertama ini hanya dijual di Amerika Serikat pada bulan Juni 2007. Bekerjasama dengan AT&T, kamu bisa membeli iPhone tersebut dengan harga $599 yang menggunakan sistem kontrak operator selama 2 tahun. Di hari pertama penjualannya, iPhone mendapatkan perhatian luar biasa dari pecinta gadget di US. Terbukti, ratusan orang mengantri di Apple Store dan beragam gerai AT&T bahkan sejak malam sebelum perangkat iPhone resmi dijual.

Tercatat dalam waktu 30 jam pertama saja, Apple sudah menjual 270 ribu iPhone di Amerika Serikat. Kesuksesan ini akhirnya membawa iPhone masuk ke negara lain pada November 2007. Yaitu Inggris, Perancis, Jerman, Portugis, Irlandia dan Austria. Pengguna di Indonesia sendiri baru bisa mulai membeli iPhone secara resmi di jaman iPhone 3GS yaitu sekitar tahun 2009 akhir.


Baca Juga:


Koneksi Terbatas, Jauh Dari Kata Sempurna

Sekali lagi, jangan bayangkan iPhone generasi pertama sudah menjadi ponsel yang sangat cerdas dan hebat seperti saat ini. Dengan menggunakan koneksi 2G alias GPRS, koneksi data di iPhone terhitung sangat lambat dan seadanya. Sistem operasi iPhone OS 1 hanya memberikan beberapa fitur standar dan aplikasi bawaan. Bahkan untuk menggambarkan kata tidak sempurna yang saya tulis di awal, sistem operasi ini tidak memiliki fitur copy paste teks dan juga tidak mendukung multitasking serta belum ada MMS dan App Store.

Editor : MakeMac

Latest