Follow Us

Bingung Bagaimana Cara Screenshot di Mac? Mudah, Begini Cara-caranya

Dok Grid - Senin, 16 Oktober 2023 | 15:24
Bingung Bagaimana Cara Screenshot  di Mac? Mudah, Begini Cara-caranya

Makemac - Screenshot atau membuat rekaman gambar dari aktivitas di layar adalah salah satu fitur dasar dari penggunaan komputer.

Fitur ini biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah bagian yang ingin kamu jelaskan pada pengguna lain atau mungkin tampilan yang tidak bisa kamu simpan dengan cara biasa.

Cara Screenshot di Mac

Di artikel ini tim MakeMac akan menjelaskan beberapa cara membuat screenshot di komputer Mac. Simak langsung ya!

1. Mengambil Screenshot Seluruh Permukaan Layar

  1. Tekan tombol Shift + Command + 3
  2. Cari hasil screenshot di Desktop dengan nama Screen Shot diikuti tanggal dan waktu. Formatnya adalan dokumen gambar .png.

2. Mengambil Screenshot di Bagian Pilihan

Fitur ini berfungsi untuk kamu yang ingin membuat gambar screenshot pada bagian tertentu saja, bukan semua permukaan layar. Berikut ini panduannya:

  1. Tekan tombol Shift + Command + 4. Ikon panah (pointer) akan beralih menjadi tanda crosshair atau garis + dengan lingkaran pada bagian dalam.
  2. Tekan dan tahan klik kiri mouse untuk memulai seleksi bagian layar yang akan dibuat menjadi screenshot. Setelah cukup, silakan lepas dan hasil screenshot akan tampil di Desktop.

3. Mengambil Screenshot Satu Jendela Aplikasi

Tutorial ini berlaku untuk kamu yang ingin mengambil screenshot dengan seleksi berupa satu jendela aplikasi, tanpa perlu repot menempatkan jendela screenshot seperti pada tutorial sebelumnya.

Tidak sekedar lebih otomatis, fitur ini bahkan langsung memberikan efek shadow dari gambar screenshot yang kamu buat. Berikut ini panduannya:

  1. Tekan tombol Shift + Command + 4. Ikon panah (pointer) akan beralih menjadi tanda crosshair. Setelah itu tekan tombol Space untuk mengubahnya menjadi gambar kamera.
  2. Tempatkan ikon kamera ini di jendela aplikasi atau dokumen yang ingin kamu jadikan screenshot.
  3. Tekan klik kiri di mouse atau trackpad untuk mengambil gambar screenshot dan hasilnya otomatis tampil di Desktop.

4. Simpan Screenshot di Clipboard

Jika semua cara di atas akan membuat dokumen screenshot kamu tampil di Desktop, gunakan saja mode screenshot namun tersimpan di Clipboard.

Dengan cara ini kamu bisa langsung paste dokumen screenshot ke tempat yang diperlukan seperti aplikasi edit gambar atau mungkin di aplikasi chat. Berikut penjelasannya:

  • Control + Shift + Command + 3 untuk screenshot seluruh layar dan simpan di clipboard. Gunakan shortcut cmd + v di aplikasi edit gambar atau aplikasi chat (iMessage misalnya) untuk paste gambar yang kamu simpan di clipboard.
  • Control + Shift + Command + 5 untuk screenshot bagian terpilih di layar yang kamu lakukan dan simpan di clipboard. Gunakan shortcut cmd + v untuk paste.
Baca Juga: Begini Cara Cepat Menghapus File atau Dokumen di Mac Tanpa Masuk Trash

5. Screenshot dengan Timer

Kamu bisa mengambil screenshot dengan timer atau waktu hitung mundur secara otomatis.

Contoh penggunaan fitur ini adalah membuat sebuah tutorial atau tampilan web yang hanya bisa direkam setelah kamu menekan bagian tertentu Berikut ini panduannya:

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular