Follow Us

Diduga “Terlalu Mirip”, Sejumlah Seri Game ‘Rusty Lake’ Ditarik Dari App Store

Alexius Aditya - Kamis, 10 Januari 2019 | 14:00
Rusty Lake

Rusty Lake

Baru 2 minggu lamanya sejak tahun 2018 terlewati, tetapi drama dari App Store ternyata masih berlanjut.

Setelah kasus menghilangnya game Binding of Isaac dari App Store secara tiba-tiba pada bulan Desember kemarin. Kini giliran game Rusty Lake yang terkena kasus yang sama.

Namun alih-alih tanpa penjelasan yang jelas, ternyata Apple menarik game tersebut karena dinilai terlalu mirip satu sama yang lain, tanpa tahu bahwa sejumlah game ini memang menceritakan sebuah cerita yang berkelanjutan.

Jika dilihat dari gameplay saja, maka memang seri Rusty Lake memiliki banyak kemiripan. Bagaimana tidak? Semua seri game tersebut memang menggunakan genre yang sama, yaitu sebuah game puzzle bergaya escape room. Maka justru aneh jika pengembang menggunakan gaya yang berbeda di tiap serinya.

Hal ini rupanya menyalahi aturan App Store yang menurut saya pribadi cukup aneh. Pasalnya, walaupun memiliki gameplay yang sama, game tersebut memiliki karakter dan teka-teki yang berbeda satu sama lain.

Faktanya memang, seri Rusty Lake menggunakan latar belakang tempat yang sama, karena semua cerita di game tersebut berada di tempat yang sama, yaitu tempat bernama Rusty Lake.

Maka jika Apple memasalahkan game diatas karena tempat yang mirip, bagaimana dengan seri game Final Fantasy X dan Final Fantasy X–2 yang juga memiliki dunia yang sama?

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Baca Juga:

Tentu saja, saat hal tersebut terjadi sekitar minggu lalu, pengembang dari Rusty Lake sendiri langsung mengambil langkah untuk berusaha mengembalikan game mereka ke App Store.

Editor : Bagus Hernawan

Latest