Follow Us

Cara Mengunci Aplikasi dengan App Limits di iOS 12

Bagus Hernawan - Senin, 28 Januari 2019 | 15:32
Cara Mengunci Aplikasi dengan App Limits di iOS 12

Screen Time dan App Limits adalah fitur baru di iOS 12 yang dapat kamu gunakan untuk memantau dan mengelola waktu penggunaan aplikasi di iPhone dan iPad.

Baik secara personal atau kepada keluarga jika menggunakan fitur Family Sharing.

Misalkan kamu bisa mengatur penggunaan aplikasi YouTube di perangkat iPad milik anak dalam waktu 3 jam penggunaan saja setiap harinya.

Cara Mengunci Aplikasi dengan App Limits di iOS 12

Dengan cara tersebut, kamu sebetulnya juga bisa mengunci aplikasi yang tidak ingin dibuka oleh orang lain di perangkat iPhone pribadi. Bagaimana caranya? Simak panduan dari tim MakeMac ya!

  1. Pastikan kamu sudah menggunakan iOS 12.
  2. Masuk ke Settings - Screen Time.
  3. Atur Screen Time Passcode untuk kode keamanan utama di fitur ini. Pastikan untuk mencatat kode yang digunakan di dokumen pribadi, aplikasi password manager atau lainnya.
  4. Masuk ke App Limits - Add Limit - All Apss & Categories.
  5. Gunakan durasi 1 menit di bagian Time. Aktifkan pengaturan Block at End of Limit. Simpan pengaturan dengan menekan tombol Add di kanan atas.
  6. Kembali ke bagian Settings - Screen Time.
  7. Masuk ke Always Allowed. Daftarkan aplikasi yang tidak ingin kamu amankan dengan pengaturan App Limit di atas. Misalkan Phone, Messages, Maps, App Store dan lainnya agar tetap dapat digunakan secara bebas.
Baca Juga: Panduan Lengkap Menggunakan Screen Time dan App Limits di iOS 12

Selesai, sekarang semua aplikasi yang tidak kamu pilih di langkah terakhir, akan menampilkan ikon jam pasir di Home Screen.

Silakan masuk ke aplikasi tersebut dengan menggunakan Screen Time Passocde yang tadi kamu atur. Tekan Ask for More Time - Enter Screen Time Passcode.

Setelah itu akan tampil 3 pilihan yaitu gunakan aplikasi selama 15 menit ke depan, 1 jam, atau bebas gunakan seharian.

Sebagia catatan, sebaiknya kamu melakukan pengaturan Always Allowed untuk aplikasi yang sering digunakan dan membutuhkan fitur notifikasi. Karena dengan batasan App Limits, notifikasi dari aplikasi yang sedang dikunci tidak akan tampil.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest