Follow Us

Apple Ijinkan iPhone dengan Baterai KW Diperbaiki di Apple Store

Bagus Hernawan - Rabu, 06 Maret 2019 | 10:45
Baterai iPhone X. Image by iFixit

Baterai iPhone X. Image by iFixit

Perangkat iPhone yang sudah mengalami penggantian baterai dari pihak ketiga atau merek non Apple, sekarang tetap dapat melakukan servis atau perbaikan komponen lainnya ke Apple Store dan Apple Authorized Service.

Sebelumnya, Apple mewajibkan semua komponen internal yang ada di perangkat iPhone tetap dalam kondisi original atau hanya berhak diganti oleh Apple untuk tetap dapat mendukung layanan perbaikan.

Hal ini pertama kali berubah di awal tahun 2017 yaitu untuk komponen layar dan sekarang untuk baterai.

Informasi tersebut dibocorkan oleh MacRumors dari dokumen internal Apple dan beberapa sumber lainnya.

Baca Juga: Apple: Ganti Layar iPhone dari Pihak Non Resmi, Garansi Tidak Hangus

Secara singkat, jika perbaikan yang diperlukan di luar dari bagian baterai dan diketahui telah diganti oleh merek pihak ketiga, teknisi Apple dapat mengabaikan hal tersebut dan melakukan perbaikan di komponen yang diperlukan.

If the repair is unrelated to the battery, the Genius Bar and AASPs are now instructed to ignore the third-party battery and proceed with service as normal, according to Apple’s internal document. This could include repairs to the display, logic board, microphones, and so forth, with normal fees applying.

Contohnya seperti layar, logic board, mikrofon dan beragam lainnya, tentunya dengan biaya perbaikan yang sudah ditetapkan oleh Apple.

Sedangkan jika masalah yang terjadi diketahui karena baterai pihak ketiga yang digunakan, teknisi Apple mendapatkan ijin untuk mengganti komponen tersebut.

Prosedurnya adalah kondisi baterai harus di bawah 60% sebelum proses penggantian dilakukan.

Masih dari laman sumber, jika komponen baterai pihak ketiga dilihat dalam kondisi rusak, pemasangan yang tidak sesuai atau masalah lainnya, teknisi Apple mendapatkan ijin untuk mengganti seluruh iPhone dengan biaya khusus.

Peraturan baru ini hanya berlaku untuk komponen pihak ketiga berupa baterai. Apple tetap tidak memberikan layanan perbaikan untuk perangkat iPhone dengan komponen pihak ketiga lainnya.

Seperti mesin, enclosure, mikrofon, konektor Lightning, jack audio, Volume dan Power Button, TrueDepth dan beragam komponen.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest