Follow Us

Apple Rilis Laporan Pendapatan Kuartal Kedua 2019, Rekor Baru untuk Layanan

Bagus Hernawan - Rabu, 01 Mei 2019 | 10:39
Tim Cook di Apple Event Maret 2019

Tim Cook di Apple Event Maret 2019

Apple akhirnya merilis laporan keuangan kuartal kedua tahun 2019. Dalam catatan di Apple Newsroom, dijelaskan bahwa kategori Services atau layanan mendapatkan rekor pendapatan baru sebesar $11,5 miliar.

Secara lengkap, Apple mencatat pendapatan kuartal ini sebesar $58 miliar yang ternyata menurun sebesar 5% dibandingkan kuartal tahun lalu.

Sedangkan untuk pendapatan kuartalan per saham terdilusi sebesar $2,46 yaitu turun sebesar 10 persen.

Penjualan produk Apple secara internasional penyumbang 61% pendapatan untuk kuartal ini.

Tim Cook menjelaskan bahwa dalam laporan pendapatan Q2 2019, Apple mencatat rekor baru untuk kategori Services atau layanan. Hal ini bisa dicapai karena jumlah perangkat Apple yang aktif digunakan di dunia mencapai 1,4 miliar unit.

Selain Services, rekor baru juga dicapai lewat pendapatan dari penjualan perangkat berbasis Wearables, Home dan Accessories.

CEO Apple ini juga menjelaskan bahwa dalam 6 tahun terakhir, pertumbuhan pendapatan untuk perangkat iPad juga mendapatkan rekor baru.

“We delivered our strongest iPad growth in six years, and we are as excited as ever about our pipeline of innovative hardware, software and services. We’re looking forward to sharing more with developers and customers at Apple’s 30th annual Worldwide Developers Conference in June.”

Baca Juga: Apple Bagikan Laporan Keuangan Kuartal Pertama di 2019, Penjualan iPhone Turun 15%

Dewan direksi Apple juga mengumumkan dividen tunai sebesar $ 0,77 untuk setiap lembar saham, meningkat 5 persen. Dividen dibayarkan pada tanggal 16 Mei 2019 kepada pemegang saham yang tercatat pada penutupan bisnis pada 13 Mei 2019.

Laporan ini menjadi catatan keuangan kedua dari Apple yang tidak mengumumkan jumlah perangkat iPhone, iPad atau Mac yang terjual.

Sehingga para analis hanya bisa menebak jumlah perangkat yang terjual berdasarkan pendapatan berdasarkan kategori perangkat. Kamu dapat melihat diagram lengkapnya dari MacRumors di bawah ini.

Tabel pendapatan Apple Q2 2019. Sumber MacRumors

Tabel pendapatan Apple Q2 2019. Sumber MacRumors

Masih dari catatan yang sama, Apple juga membagikan panduan atau target pendapatan di kuartal ketiga tahun 2019. Berikut ini daftarnya:

  • Prediksi pendapatan $ 52,5 miliar dan $ 54,5 miliar
  • Margin kotor antara 37 persen dan 38 persen
  • Biaya operasional antara $ 8,7 miliar dan $ 8,8 miliar
  • Penghasilan / (pengeluaran) lain sebesar $ 250 juta
  • Tarif pajak sekitar 16,5 persen

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest