Follow Us

Apple Bagikan Panduan Melaporkan Bug System dengan Detail Penting

Bagus Hernawan - Kamis, 11 Juni 2020 | 17:44
Feedback Assistant

Feedback Assistant

Apakah kamu sering menemukan bug system di sistem operasi iOS atau macOS?

Menjelang WWDC 2020, Apple punya catatan baru di laman Apple Support seputar cara melaporkan bug system.

Catatan ini dibagikan dalam rangka membantu para pengembang dan pengguna umum yang akan mencoba iOS 14 atau macOS terbaru, agar dapat lebih mudah memahami skema pelaporan bug system.

Dengan menjadi pengguna Beta yang aktif dan melaporkan bug system kepada Apple sesuai petunjuk yang diberikan, besar harapan bahwa masalah tersebut dapat segera diperbaiki oleh Apple.

You should always file feedback for any bugs you find while developing on Apple’s platforms; after all, we can’t fix problems that we don’t know about. But how can you be sure that the information you provide is helpful for triaging the issue, rather than a bug-solving dead end? Here are some of our top tips for making sure your bug report is clear, actionable, and — most importantly — fixable.

Baca Juga: Update iOS 13.6 Beta 2 Dibagikan untuk Developer dan Public Beta

Masih dari halaman yang sama, Apple menjelaskan beberapa hal seputar cara melaporkan bug system lewat Feedback Assistant.

Feedback Assistant adalah aplikasi yang akan didapatka oleh pengguna macOS atau iOS versi Beta untuk membuat proses melaporkan bug system menjadi lebih mudah.

Pengguna atau pengembang yang ingin melaporkan bug system diharapkan dapat melengkapi beberapa unsur yang dijelaskan dalam catatan tersebut.

Mulai dari melaporkan bug system dengan langkah yang urut dan sesuai, memberikan tampilan visual, memberikan Log saat terjadi masalah seperti crash hingga membuat contoh dari project atau langkah pengembangan aplikasi yang bermasalah.

Untuk catatan lengkapnya, kamu bisa simak langsung di halaman How to file great bug reports di laman Apple Developer.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest