Follow Us

Foxconn Investasi $1 Miliar, Tambah Produksi iPhone di India

Bagus Hernawan - Senin, 13 Juli 2020 | 09:34
iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max
Cendhika

iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Foxconn sebagai perakit iPhone terbesar di dunia, kabarnya akan memberikan investasi baru dengan nilai fantastis di India.

Dikutip dari Reuters, kabarnya Foxconn akan mengucurkan dana hingga $1 miliar untuk memperluas pabrik di India bagian selatan.

Langkah besar yang belum pernah dilakukan ini, kabarnya akan menjadi cara baru yang akan dilakukan oleh beberapa perakit iPhoen lainnya dalam waktu dekat.

Kabarnya para perakit iPhone telah mulai melebarkan sayap untuk membuat pusat perakitan besar di luar Tiongkok.

Keputusan ini didorong oleh perang dagang Tiongkok dan Amerika Serikat yang sepanjang beberapa tahun ini terus mengalami pasang surut.

Alasan berikutnya adalah efek dari COVID–19 yang sempat membuat perakitan iPhone berhenti total di awal tahun 2020.

Sumber rahasia yang didapatkan Reuters mengatakan bahwa Apple memberikan sinyal yang kuat untuk para perakit iPhone untuk mulai melakukan produksi besar di luar Tiongkok.

“There’s a strong request from Apple to its clients to move part of the iPhone production out of China,” one of the sources with direct knowledge of the matter told Reuters.

Baca Juga: Konflik India-China Membuat Produksi iPhone Terganggu

Masih dari laman sumber, kabarnya investasi Foxconn akan diwujudkan sebagai perluasan pabrik mereka di kawasan Chennai. Pabrik tersebut selama ini termasuk sebagai salah satu pusat perakitan iPhone XR.

Pembangunan atau perluasan pabrik akan berlangsung semama 3 tahun.

Beberapa produk iPhone yang selama ini hanya dikerjakan di pabrikan Foxconn wilayah Tiongkok, nantinya diharapkan dapat dikerjakan di India jika semua persiapannya sudah selesai.

Selain pabrik di Chennai, Foxconn akan membuka sekitar 6 ribu lapangan pekerjaan di pabrik Sriperumbur, wilayah Tamil Nadu untuk perluasan lainnya.

Tidak hanya iPhone, investasi ini juga akan digunakan untuk peningkatan operasional pusat produksi wilayah Andhra Pradesh di India selatan yaitu bagian perakitan Xiaomi.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest