Follow Us

Petinggi Apple Jawab Rumor Apple Music Gratis dengan Sistem Iklan

Gama Prabowo - Jumat, 26 Februari 2021 | 08:05
Apple Music

Apple Music

Rumor tentang adanya kemungkinan layanan gratis Apple Music dengan sistem iklan telah berkembang di kalangan pengguna sejak lama.

Elean Segal, Direktur Senior Apple Music telah mengonfirmasi bahwa Apple tidak akan pernah menerapkan Apple Music gratis dengan sistem iklan.

Melansir dari 9to5mac.com, Elean Segal mengungkapkan bahwa layanan bebas iklan selalu menjadi dasar bagi Apple untuk menjalankan Apple Music.

Elean Segal membuat pernyataan tersebut pada sidang pemerintah Inggris yang sedang membahas tentang ekonomi streaming musik.

Baca Juga: Pelanggan Apple Music Bisa Share Lirik dan Lagu di iOS 14.5 Beta 2

Elean Segal mengungkapkan 2 alasan penting yang mendasari Apple Music menentang adanya layanan gratis dengan sistem iklan.

Alasan pertama terkait dengan prinsip Apple yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan pengguna dengan menentang layanan yang didukung iklan.

Alasan kedua berdasar pada pemikiran bahwa layanan gratis yang didukung iklan tidak akan bisa menghasilkan pendapatan ideal bagi ekosistem industri musik streaming.

Baca Juga: Apple Music Replay 2021 Rilis, Apa Bedanya dengan Spotify Wrapped?

Meskipun Apple telah menjelaskan pendekatan yang berfokus pada pengguna, namun bagaimana pendekatan ini dapat terasa adil pula bagi para artis?

Elean Segal menjawab pertanyaan tersebut dengan sikap terbuka.

Ia iremengungkapkan bahwa pihak Apple akan sangat terbuka terhadap diskusi-diskusi tentang sistem pembayaran yang adil bagi para seniman dan penerbit.

Apple juga terbuka untuk sistem pembayaran model lain seperti Equitable Remuneration (ER) yang membagi royalti rekaman 50/50 antara label dan artis, jika itu memang mampu memberi keadilan bagi pengguna, seniman, dan penerbit.

Bagaimana pendapat kalian terkait sikap Apple ini? Tulis di kolom komentar yah.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest