Follow Us

Masih Cari Model Kompensasi, Aplikasi Musik Klasik Apple Gagal Rilis

Maulani Mulianingsih - Senin, 02 Januari 2023 | 13:00
Apple Music
Apple

Apple Music

Pada Agustus 2021, Apple mengumumkan telah mengakuisisi layanan musik klasik Primephonic.

Pada waktu yang sama Apple mengatakan berencana untuk merilis aplikasi musik yang didedikasikan untuk musik klasik pada tahun 2022.

Dalam press release yang di publikasikan Apple pada tahun 2021, Apple mengatakan akan meluncurkan aplikasi musik klasik yang dikombinasikan dengan Primephonic.

Namun hingga akhir tahun 2022 aplikasi musik klasik yang direncanakan Apple tersebut belum kunjung rilis.

Dilansir dari MacRumors, Apple mengatakan akan menggabungkan berbagai fitur yang ada pada Primephonic seperti kemampuan penelusuran dan pencarian yang lebih baik oleh komposer dan repertoar serta tampilan mendetail dari metadata musik klasik.

Selain itu Primephonic diketahui juga mengkompensasi artis dan pemegang hak lainnya dengan model dengar bayar per detik.

Berbeda dengan Apple Music yang mengkompenssi artis dengan bayaran per putar

Sepertinya penggabungan berbagai fitur tersebutlah yang membuat Apple membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengerjakannya.

Apple masih mencari metode kompensasi apa yang cocok untuk aplikasi musik klasik Apple.

Baca Juga: Apple Music Belum Juga Rilis Aplikasi Musik Klasik Sesuai Target 2022

Apple said it would incorporate the best features of Primephonic, including "better browsing and search capabilities by composer and by repertoire" and "detailed displays of classical music metadata," and it's possible that the company simply needs more time to work on this. Primephonic also compensated artists and other rights holders with a unique pay-per-second-listened model instead of a pay-per-play model like Apple Music, so perhaps Apple is still trying to figure out a suitable payout model for the Apple Classical app.

Hingga awal 2023 saat ini, belum ada rencana lebih lanjut apakah aplikais musik klasik tersebut akan benar-benar dirilis.

Source : MacRumors

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular