Follow Us

Kenapa Produk Apple Selalu "Bocor" di Era Tim Cook?

Bagus Hernawan - Rabu, 02 Januari 2019 | 13:30
The Brooklyn Academy of Music

The Brooklyn Academy of Music

Jika kamu seorang Apple Fanboy yang aktif membaca berita di MakeMac atau website teknologi pada umumnya, pasti sadar bahwa hampir semua produk Apple yang akan rilis, sudah bocor ke publik sejak beberapa bulan sebelumnya.

Sebut saja iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR yang rilis tahun 2018. Rumor, bocoran, gambar sketsa, desain case dan beragam detail lainnya sudah terungkap sejak awal tahun. Pelan, tetapi pasti dan semakin akurat hingga waktu produk tersebut rilis.

Kenapa hal ini selalu terjadi di produk Apple, terutama setelah Tim Cook menjadi CEO? Apakah ada hubungannya dan apa sebetulnya yang terjadi?

Kenapa Produk Apple Selalu Bocor di Era Tim Cook?

Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi opini mengenai alasan produk Apple yang selalu bocor di era Tim Cook. Silakan simak dan bagikan komentar kamu setelah membaca artikel ini ya.

1. Proses Pengembangan Produk yang Panjang

Proses pengembangan sebuah produk iPhone atau gadget lainnya memakan waktu yang sangat panjang.

Dari beberapa sumber yang saya baca, biasanya pengembangan produk dimulai dari konsep desain dari tim desainer Apple yaitu Jony Ive dan timnya. Setelah itu dibuat menjadi purwarupa produk pertama dalam lab desain milik Apple.

Jika sudah, produk ini akan dicoba untuk diproduksi oleh perusahaan manufaktur yang bekerjasama (Foxconn, Pegatron, atau lainnya). Contoh produk ini akan dikirim kembali ke Apple dan dianalisa, dibuat ulang dengan perbaikan yang diberikan, dan seterusnya.

Dalam proses tersebut, kebocoran produk purwarupa sangat mungkin untuk terjadi. Apalagi Apple menggunakan sistem produksi di Asia, tepatnya di pabrik yang ditunjuk dan punya puluhan ribu atau mungkin ratusan ribu karyawan.

Kebocoran desain produk biasanya dilakukan oleh karyawan pabrik yang ingin mendapatkan uang tambahan jika menjual informasi tersebut kepada media.

Namun bukan tidak mungkin juga kebocoran ini berasal dari karyawan Apple misalnya karena keteledoran kecil. Seperti di kisah Brooke Amelia Peterson, dia memvideokan perangkat iPhone X milik ayahnya yang bekerja di Apple

2. Pemerintah, Apple, dan Produk yang Harus Didaftarkan

Editor : MakeMac

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular